oleh

PT BIS dan BPR Bintan Diminta Berbenah

Bintan, KepriDays.co.id – Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan meminta perusahaan milik BUMD Bintan yaitu PT Bintan Inti Sukses (BIS) dan PD Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bintan untuk bisa memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang lebih maksimal.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan, mengatakan sesuai dari intruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bahwa BUMD itu seperti jalur VVIP. Sehingga harus mendaftarkan keuntungan besar dari usaha yang dikelola dan tidak boleh ada kata rugi.

“Namun sampai saat ini sempat ada minus atau rugi dan ada untung juga itupun tipis. Seharusnya dibenahi karena BUMD itu harus untung sebesar-besarnya karena punya jalur pioritas,” ujar Roby di Kantor Bupati Bintan, kemarin.

PT BIS dan BPR Bintan harus begerak cepat. Semuanya harus dimulai dengan perencanaan yang baik. Kemudian susun grand design terkait potensi pengembangan sektor bisnis kedepannya dengan begitu akan mendapatkan hasil yang besar dan mampu membantu sektor PAD.

Contohnya BUMD di Morowali. Di saat pandemi, perusahaan plat merah tersebut mampu menghasilkan pertumbuhan ekonominya di atas 16%. Jadi sektor yang dihasilkan dari BUMD mereka mampu memberikan sumbangan PAD yang luar biasa.

“Kita sudah sampaikan ke direktur-direkturnya. Bahwa harus dievaluasi dimulai dari perencanaan sampai grand design seperti apa. Kita kasih waktu mereka kalau tidak bisa juga maka semua pengurusnya akan kita evaluasi,” tegasnya.

Hingga kini dia melihat kedua perusahaan tersebut masih berjalan di sektor itu-itu saja. Maka untuk kedepannya dia berharap PT BIS dan PD BPR Bintan dapat mencari sumber-sumber baru yang memiliki potensi besar.

“Nah sekarang dan ke depannya harus kita evaluasi bersama, buat inovasi serta mampu mengambil peran potensi agar bisa meningkatkan PAD,” katanya.

Wartawan: AVJ
Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *