oleh

Menpar RB Harap Mal Pelayanan Publik Tanjungpinang Jadi Role Model

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia, Abdullah Azwar Anas didampingi Wali Kota Tanjungpinang, Rahma meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (26/10/2022).

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirene, penguntingan pita, dan penandatanganan prasasti oleh Menteri Azwar dan Wali Kota Rahma.

Menteri PANRB Azwar Anas menyampaikan MPP ke-75 di Indonesia yang kita resmikan ini memanfaatkan lokasi yang strategis bekas kantor wali kota yang posisinya cukup bagus dan direnovasi cukup baik.

“Harapan saya, ke depan bisa jadi legacy bagi masyarakat di kota Tanjungpinang, karena telah berhasil membangun MPP yang nanti bisa menjadi pusat pembelajaran, bukan hanya pusat pelayanan,” ucapnya.

Jadi nanti, kata menteri, pelajar dari jenjang TK, SD, SMP, dan SMK bisa melihat MPP ini, untuk bisa menyaksikan dan belajar bagaimana proses pelayanan pemerintah.

“Intinya bagi kemenpan RB bukan soal mal saja, melainkan ruhnya bagaimana mengintegrasikan layanan. Sebab, dengan layanan terintegrasi itu jauh lebih efisien, rakyatnya menjadi lebih mudah,” ujarnya.

Menteri Azwar mencontohkan, misalnya tadi ATR/BPN itu kantornya jauh, kalo mereka datang ke MPP ini bisa sekalian urus yang lain, bisa satu lokasi dan bisa efisien, jadi bisa lebih murah dan bisa lebih cepat.

“Mudah-mudahan MPP kota Tanjungpinang ini bisa menjadi role model bagi kabupaten lain di Kepri yang belum ada MPP nya, setelah Kota Batam,” tambahnya.

Ia juga menilai, fasilitas dan sarana prasarana di MPP ini sudah bagus, toiletnya bagus, ada kantinnya, dan tempat bersantai menghadap laut.

“Saya apresiasi komitmen ibu wali kota yang telah memprioritaskan untuk wujudkan MPP, wujudkan reformasi birokrasi. Semoga, masyarakat senang datang ke MPP ini untuk menyelesaikan segala urusan,” ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Rahma menuturkan hadirnya MPP di kota Tanjungpinang ini sebagai perwujudan komitmen pemko dalam meningkatkan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat.

“Ini juga, salah satu inovasi kita, langkah strategi kita dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yang tujuannya untuk menjamin kemudahan serta kepastian dalam berinvestasi dan mengurus perizinan. Digitalisasi pelayanan dihadirkan agar lebih cepat, mudah, dan terjangkau,” ucap Rahma.

Dalam MPP ini, Rahma menyebutkan ada 31 instansi yang bergabung dengan 151 jenis layanan. Di sini, masyarakat bisa mengurus berbagai macam layanan perizinan dan nonperizinan seperti pembuatan KTP, pelayanan haji dan umrah, surat tanah.

Ada juga, pergantian pasport, perpanjangan pajak kendaraan bermotor, SIM A dan SIM C, pembayaran pajak, BPHTB, help desk SOS, informasi dan pengaduan perizinan, layanan klinik persetujuan bangunan gedung, serta berbagai pelayanan lainnya untuk masyarakat.

“Pelayanan yang ada di MPP ini merupakan bentuk kolaborasi pelayanan yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat, provinsi Kepri, pemko, BUMN/D, serta lembaga non profit lainnya,” jelasnya.

MPP kota Tanjungpinang yang berdiri di atas lahan seluas 19.989 m2 ini dibangun secara bertahap dengan total anggaran senilai Rp4,829 miliar.

MPP yang dibangun dengan ornamen Melayu dalam bentuk ukiran serta lainnya menyerupai cogan merupakan simbol kebesaran dari kerajaan Melayu Riau-Lingga-Johor-Pahang yang menjadi ciri khas MPP kota Tanjungpinang.

MPP Kota Tanjungpinang yang beralamat di Jalan H. Agus Salim No. 1 Tanjungpinang, Kepri ini, dilengkapi berbagai sarana dan prasarana yang membuat pengunjung nyaman saat mengurus layanan.

Beberapa diantaranya, pojok baca, ruang laktasi, musala, pojok bermain anak, kafetaria, dan juga toilet maupun jalur landai bagi penyandang disabilitas.

Peresmian MPP turut disaksikan Staf Ahli Bidang Otonomi Daerah Kemenpan RB, Jufri Rahman, Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB, Diah Natalisa, Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB, Erwan Agus Purwanto, Asisten Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB, Noviana Andrina, Asisten Deputi Sumber Daya Manusia dan Aparatur Kemenpan RB, Aba Subagja.

Hadir juga, Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, Adi Prihantara, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Zulhidayat, forkopimda, serta kepala OPD pemko Tanjungpinang

Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *