oleh

Bangkitkan UMKM Roby Kurniawan Realisasikan Program Pinjaman Tanpa Bunga

Bintan, KepriDays.co.id -Pemkab Bintan terus mensosialisasikan program pinjaman tanpa bunga atau bunga 0% di seluruh desa/kelurahan se-Kabupaten Bintan. Program tersebut dihadirkan untuk membangkitkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pasca pandemi covid-19.

Bupati Bintan, Roby Kurniawan menuturkan bahwa program subsidi tanpa bunga yang diperoleh dari pinjaman para pelaku UMKM dari Bank BPR Bintan merupakan stimulus yang diberikan pemda guna mempercepat proses pemulihan ekonomi.

“Dari laporan yang kita dapat program tersebut baru berjalan 75 persen. Maka kita terus gencar mensosialisasikan agar dapat berjalan 100 persen,” ujar Roby Desa Pengujan, Kecamatan Teluk Bintan, Sabtu (12/11/2022) kemarin.

Pemkab Bintan telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,9 miliar guna mensubsidi bunga pinjaman bagi para pelaku UMKM yang memenuhi prosedur pinjaman.

Untuk pengadaan sarana prasarana, pelaku UMKM dapat meminjam uang dari Bank BPR Bintan sekitar Rp 30 juta. Kemudian pengembangan modal usaha berkisar Rp 10 juta.

“Program bantuan subsidi tanpa bunga 0% ini mudah-mudahan dapat bermanfaat yang mana kita tahu di tengah kondisi pandemi Covid-19 banyak saudara-saudara kita yang punya usaha tidak dapat berputar ruang usahanya sehingga membutuhkan modal. Nah makanya pemerintah hari ini harus hadir dan bekerjasama dengan BPR Bintan, kita salurkan pinjaman tanpa bunga ini,” jelasnya.

Termasuk yang di Desa Pengujan ini. Kata Roby, dengan seminar Pengembangan UMKM melalui pinjaman Bank yang diinisiasi oleh Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tanjungpinang membuat puluhan warga disini mengajukan pinjaman modal untuk usaha.

“Untuk bunga pinjamannya pemerintah yang bayar. Pelaku UMKM enggak usah khawatir. Mudah-mudahan ini bermanfaat dan bisa mengembangkan ekonomi masyarakat kita,” katanya.

Wartawan: AVJ
Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *