oleh

Yuk Kepoin Beragam Objek Wisata Menarik di Pusat Pemerintahan Provinsi Kepri Pulau Dompak

Kepri, KepriDays.co.id – Pusat pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Pulau Dompak, Tanjungpinang selain sebagai pusat administratif pemerintahan, ternyata memiliki sejumlah objek wisata yang menarik dan refresentatif untuk dikunjungi.

Objek wisata tersebut diantaranya Taman Bundaran Air Mancur Logo Pemprov Kepri, Taman Tri Matra TNI, Taman Tugu Alif, dan Taman Migas Tun Telani yang mana di dalamnya banyak berbagai permainan menarik.

Lokasi wisata taman air mancur logo Provinsi Kepri yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Kepri ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, diantaranya tanaman hias yang indah dengan beragam tanamannya, selain itu disediakan bangku-bangku taman untuk bersantai bagi pengunjung.

Taman ini juga dilengkapi dengan lampu warna warni, sehingga bila pengunjung datang pada malam hari akan menikmati keindahan pancaran cahaya yang gemerlap dan dipadu dengan air mancur yang makin mempercantik.

Taman air mancur logo pemerintah Provinsi Kepri ini sangat pas untuk dijadikan spot foto, karena pemandangannya yang indah dan sangat instagramabel, baik saat di ambil fotonya pada siang maupun  malam hari.

Suasana Matahari Tenggelam Pulau Dompak
Suasana Matahari Tenggelam Pulau Dompak

Bergeser sedikit ke sebelah utara yang jaraknya tidak terlalu jauh dan bila ditempuh dengan kendaraan motor atau mobil dari taman logo Pemprov Kepri ini tidak sampai menempuh waku lama sudah sampai di Taman Monumen Tri Matra Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Di taman ini, pengunjung sudah dapat menikmati objek wisata menarik dan unik, karena di taman Tri Matra TNI ini terdapat tiga jenis alat utama sistem pertahanan (Alutsita) TNI yakni alutsista Angkatan Darat (AD) berupa kendaraan tempur Tank, alutsista Angkatan Udara (AU) berupa pesawat tempur, dan alutsista Angkatan Laut (AL) berupa kapal perang.

Dari tiga alutsista ini ada dua alutsista yang benar-benar asli nyakni pesawat tempur dan kendaraan lapis baja atau biasa disebut Tank, sementara untuk kapal perang merupakan replika yang tentunya dibuat sangat mirip aslinya.

Di lokasi taman Tri Matra TNI ini juga tentunya dihiasi dengan tanaman hias dan ornamen Melayu yang mempercantik dan menperindah taman dan tentunya sangat pas bila dijadikan sopt foto.

Pengunjung usai menikmati Taman Monumen Tri Matra TNI ini, masih akan disuguhkan dan menikmati Taman Tugu Alif, dimana di taman tugu Alif ini dari seluruh tugu dihiasi dengan kaligrafi Asmaul Husna  yang indah.

Lokasi taman tugu Alif ini sangat pas dan cocok sekali, sebab keberadaannya akan terlihat dan akan di lewati saat pengunjung akan menuju ke Masjid Raya Nur Ilahi Dompak yang megah.

Walau memang taman tugu Alif ini belum seluruhnya selesai, karena pembangunannya dilakukan secara bertahap dan juga Pemprov Kepri menggandeng pihak swasta dalam pembangunanya.

Usai menikmati dan mengambil foto sepuasnya di taman tugu Alif yang juga jaraknya tidak jauh dengan pusat perkantoran Pemprov Kepri, selanjutnya pengunjung bisa bergeser sedikit dan menikmati Taman Migas Tun Telani yang berdekatan dengan Taman bundaran air mancur logo Pemprov Kepri.

Di taman ini, Pemprov Kepri menyediakan lahan parkir yang luas untuk kendaraan roda dua dan roda empat, sehingga pengunjung dengan leluasa dan nyaman menikmati taman dan juga fasilitas yang ada.

Di lokasi taman Migas ini juga Pemprov Kepri menyediakan lokasi untuk para penjual makanan, sehingga pengunjung dapat menikmati berbagai jajanan sambil menikmati taman.

Pengunjung juga tidak perlu khawatir apabila ingin ke kamar kecil. Sebab pembangunan taman Migas ini telah disediakan toilet yang terjaga dan terawat.

Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepri Raja Hery Mokhrizal mengatakan, keberadaan taman-taman di Dompak yang juga sebagai pusat pemerintahan Provinsi Kepri ini menjadi objek wisata dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Kepri dan juga bagi pengunjung dari luar Kepri.

“Kita lihat setiap pagi dan sore hari banyak masyarakat menikmatinya. Bahkan jalanan yang luas dan juga trotoar yang bagus dijadikan sarana olahraga sekaligus sarana rekreasi taman-tamannya,” kata Hery di Tanjungpinang belum lama ini.

Ia juga berharap fasilitas yang ada di taman yang ada di Dompak ini untuk sama-sama menjaganya, sehingga pengunjung baik lokal dan dari daerah lainnya akan tetap nyaman dan betah juga berkesan saat berkunjung di Kepri dan khusunya di Tanjungpjnang ini.

“Dengan hadinya pengunjung di tempat ini pastinya akan memberikan dampak positif bagi kita. Dimana sektor pariwisata dan ekonomi akan bergeliat dan masyarakat akan sejahtera,” harapnya.

Wartawan: Sutana
Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *