oleh

Bahayanya Diabetes Anak, Jika Tak Ditangani Ini yang Terjadi

Bintan, KepriDays.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan mendapati kasus diabetes anak di awal tahun 2023. Kasus tersebut diderita oleh 3 anak-anak di Kabupaten Bintan yang berusia 1-14 tahun.

Kepala Dinkes Bintan, dr Gama AF Isnaini, mengatakan 3 kasus tersebut didapati pada Januari 2023. Mereka sudah mendapatkan penanganan medis di puskesmas maupun rumah sakit.

“Kasus diabetes ini banyak di Bintan. Namun paling banyak itu usia 15 tahun keatas sementara untuk kasus diabetes anak hanya ditemukan 3 orang. Itu di awal Januari 2023 saja,” ujar Gama, kemarin.

Kasus diabetes anak itu dialami oleh 2 anak laki-laki dan 1 perempuan. Dari hasil pemeriksaan medis, mereka menderita Diabetes Melitus Tipe I.

Usia mereka berbeda-beda. Yaitu satu pasien berusia 1-4 tahun, satu pasien lagi usia 5-9 tahun dan terakhir usia 10-14 tahun.

“Diabetes Tipe I ini memang rentan terjadi pada anak-anak. Diabetes ini dapat merusak kekebalan tubuh anak sehingga jika tidak segera ditangani bisa timbul penyakit lain seperti stroke, sakit jantung dan gagal ginjal,” jelasnya.

Pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebab anak-anak tersebut menderita Diabetes Melitus Tipe I. Namun penyakit itu dapat dialami anak jika memiliki faktor resiko genetik atau keturunan, riwayat infeksi virus dan pola makan kurang sehat seperti sering konsumsi makanan maupun minuman yang manis.

Maka dia meminta para orangtua agar dapat menjaga pola makan anak-anaknya. Jangan sering diberikan permen, es krim, makanan kemasan yang manis-manis.

“Terus harus rutin melakukan pemeriksaan kesehatan anak-anaknya sehingga jika ditemukan adanya penyakit bisa segera ditangani,” ucapnya.

Wartawan: Ari
Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *