oleh

Air Terjun dan Air Panas Alami Lingga Menjadi Andalan Objek Wisata

Lingga, KepriDays.co.id – Kabupaten Lingga tidak hanya memiliki objek wisata pantai yang indah nan eksotis dengan hamparan pasir putih bersih yang membentang luas. Tetapi di Lingga memiliki wisata pemandian air panas alami, termasuk beberapa objek wisata air terjun yang menjadi andalan untuk menjaring wisatawan lokal dan luar datang ke Lingga.

Air terjun seperti di daerah luar, diantaranya air terjun di Desa Resun, selain itu ada di Dabosingkep terdapat dua lokasi air terjun yang cukup di kenal oleh para wisatawan yakni, Air Terjun Batu Ampar dan Air Terjun Bedegam di Desa Lanjut.

Air Terjun di Lingga

Yang tak kalah uniknya keberadaan air terjun tersebut berada di tengah-tengah rimbunnya pepohonan yang masih terjaga dengan baik. Karena masyarakat dan pemerintah daerah

Untuk menuju ke lokasi wisata air terjun ini, wisatawan tidak perlu khawatir, sebab sangat mudah diakses dengan sarana jalan yang sudah sangat baik dan tergolong mulus, begitu juga dengan alat transportasinya sebagai sarana pendukung sudah banyak tersedia dari mulai di Pelabuhan.

Untuk datang ke Pulau Singkep Kabupaten Lingga wisatawan bisa melalui jalur laut dan udara. Penerbangan dengan menggunakan pesawat perintis Sussy Air melayani hampir 5 kali dalam seminggu.

Selain itu untuk jalur Laut melalui Batam dan Tanjungpinang juga tersedia, demikian juga Kapal Roro, jika ingin membawa kendaraan sendiri. Hanya untuk penginapan seperti hotel belum terkelola maksimal.

Di Lingga hanya ada tiga hotel mewah, tapi wisatawan dengan mudah bisa menyewa rumah-rumah penduduk dengan harga yang bersahabat dengan fasilitas yang tak kalah dengan hotel.

“Akses jalan sudah mulus, semua sudah di aspal baik di Batu Ampar maupun di Air Bedegam,” Ujar Tina salah satu pengunjung air terjun belum lama ini.

Di Lingga juga terdapat air belerang atau air panas, yang diyakini masyarakat mampu mengobati berbagai penyakit juga terdapat di pulau Singkep, Bahkan air panas ini satu-satunya yang ada di Provinsi Kepri.

Perlu diketahui, kondisi air panas di Lingga memiliki keunikan tersendiri dan cukup unik, karena ada tiga kolam sumber air panas dengan suhu sedang, panas dan sangat panas.

Kolam-kolam air panas tersebut sangat alami dan dari tahun ke tahun sejak dulu tidak berubah sama sekali. Baik saat musim penghujan maupun saat musim kemarau sumber air panas ini tetap tidak mengalami perubahan.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Raja Hery Mokhrizal mengatakan, Pemerintah Provinsi Kepri sangat mendukung dengan upaya pengembangan dan penataan yang lebih baik terhadap objek-objek wisata yang ada di daerah termasuk di Kabupaten Lingga yang memiliki keanekaragaman wisata.

“Pemerintah daerah dan Provinsi tentunya akan saling bahu membahu dalam peningkatan mutu dan kualitas objek wisata yang ada di daerah. Tentunya, selain mendukung Pemprov Kepri juga memberi bantuan anggaran dalam perbaikan infrastruktur di daerah,” katanya, kemarin.

Wartawan: Sutana
Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *