oleh

Kebun Raya Batam Destinasi Wisata Flora yang Mempesona

Batam, KepriDays.co.id – Kota Batam selain terkenal dengan kota industri, perdagangan, dan pusat perekonomian, Batam juga terkenal sebagai kota wisata, karena memiliki destinasi wisata yang menarik dan beragam, yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di Batam, objek wisata yang terkenal mulai dari wisata pantai, yang tersebar dari mulai di daerah Nongsa, Batam Centre, Sekupang, Barelang dan juga daerah lainnya. Ada juga wahana rekreasi, wisata alam dan juga wisata kuliner tentunya.

Untuk wisata alam di Batam memiliki sejumlah lokasi diantaranya wisata kolam di Sekupang, Taman Rusa, Taman Bukit Mata Kucing dan lokasi wisata alam lainnya termasuk wisata alam yakni “Kebun Raya Batam” yang berada di Sambau, Nongsa, Kota Batam.

Kebun Raya Batam lokasinya sangat sterategis dan mudah untuk diakses, selain keberadannya dekat dengan sejumlah resort dan pelabuhan, dan bila diakses dari pusat Kota Batam, pengunjung hanya butuh waktu perjalanan sekitar 30 menit saja.

Di Kebun Raya Batam ini, terdapat ribuan koleksi keanekaragaman jenis flora atau hayati (tumbuhan) yang cukup lengkap dan disajikan dengan tema konservasi alam, sehingga Kebun Raya Batam ini sangat asri dan indah dan tentunya wajib untuk di kunjungi.

Bukan itu saja, kebun ini juga memiliki beberapa taman tematik. Seperti flower garden, maze garden, dan children garden, dengan hal ini menjadikan Kebun Raya Batam sebagai kekuatan dari konservasi alam.

Wisatawan Menikmati Indahnya Wisata Flora di Kebun Raya Batam. Foto: Ist

Destinasi wisata ini juga bisa dijadikan sebagai family friendly, karena pengunjung selain berwisata dengan menikmati keindahan taman juga bisa menambah wawasan tentang berbagai flora yang ada.

Kebun Raya Batam ini juga dibangun dengan konsep arsitektur modern, namun tidak menghilangkan unsur budaya Melayu sebagai dasar daerah aslinya yakni Melayu, sehingga taman ini tampak serasi dan indah.

Wisatawan yang datang ke Kebun Raya Batam, untuk saat ini tidak dipungut biaya masuk, karena pihak pengelola belum menetapkan biaya masuk. Kebun Raya Batam mulai dibuka dari pukul 8 pagi hingga sore hari.

Di lokasi wisata ini juga terdapat berbagai fasilitas yang disediakan bagi pengunjung agar betah dan nyaman, sejak pintu masuk ada gapura yang dibangun dengan menarik, kantor pengelola, jalan beraspal, akses paving block, embung, kolam, rumah kaca, area pembibitan dan juga ada gazebo untuk bersantai pengunjung.

Salah satu pengunjung dijumpai dilokasi taman, Tirta menyebut taman wisata ini sangat indah dan cantik dengan beraneka ragam tanaman hias dan tumbuh-tumbuhan yang bereaneka ragam warnanya.

“Sangat cantik lah taman ini, tidak menyesal datang ke sini, bisa dijadikan sebagai koleksi foto untuk dipajang di media sosial,” katanya sambil tertawa gembira pada akhir pekan lalu.

Ia juga menyebut bahwa Kebun Raya Batam merupakan alternatif wisata alam yang ada, karena selama ini dirinya biasa berwisata tidak jauh dari pantai dan pantai. Selain itu bila jalan-jalan ke Batam pasti datang ke pusat perbelanjaan atau mall yang modern di Batam.

“Jadi kita tidak hanya menikmati wisata pantai, berbelanja bila di Batam. Tetapi kita bisa menikmati keindahan alam dengan aneka ragam tanaman yang indah dan suasana yang tenang,” ujarnya yang mengaku datang bersama keluarga besarnya dari luar kota Batam.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pariwisata Provisi Kepri Raja Hery Mokhrizal mengatakan, destinasi wisata Kebun Raya Batam merupakan salah satu objek wisata yang menjadi kebanggan bagi masyarakat Batam dan umumnya masyarakat Provinsi Kepri yang setiap saat bisa dinikmati.

“Destinasi wisata ini banyak dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara, karena cukup unik dengan aneka ragam tanaman yang indah. Selain itu suasananya tenang dan asri, sehingga sangat pas untuk berlibur setelah penat bekerja,” ujarnya.

Sebagai pihak pemerintahan, lanjutnya, tentunya sangat mendukung dengan pengembangan objek wisata yang dilakukan oleh pemerintah daerah Batam ini. Hal ini, tambahnya, sebagai bentuk kolaborasi dalam peningkatan pembangunan di sektor pariwisata yang memang digalakan di seluruh Kepri untuk meningkatkan kunjungan wisatawan datang.

“Tujuannya kan sama, untuk memberikan manfaat bagi masyarakat. Dengan banyaknya wisatawan yang datang, maka otomatis perekonomian Batam akan lebih bergeliat dan berimbas ke masyarakat,” terangnya.

Wartawan: Sutana
Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *