oleh

Tingkatkan Destinasi Wisata, Festival Budaya Tionghoa 2023 Diadakan di Kota Lama Tanjungpinang

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Bersama Ikatan Tionghoa Muda kembali menggelar Festival Budaya Tionghoa 2023 di Jalan Merdeka, Kota Lama, pada 27-28 Mei 2023.

Kegiatan ini telah digelar yang kedua kalinya oleh Dinas Pariwisata dengan menggandeng sejumlah organisasi Tionghoa yang ada di Kota Tanjungpinang.

Plt Kadispar Kepri Heri Mokhrizal menuturkan, acara tersebut sebagai menarik daya tarik wisatawan mancanegara khususnya warga Tionghoa untuk berkunjung ke Tanjungpinang. Selain mendorong kunjungan, pihaknya turut mendorong pelestarian budaya.

“Ini kegiatan rutin tahunan, selain mendorong kunjungan wisatawan, kita juga turut melestarikan budaya masyarakat tionghoa,” ujar Heri, Senin (29/5/2023) kemarin.

Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata, Afitri Susanti mengatakan Festival Budaya Tionghoa adalah salah satu event yang didukung oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kepri. Untuk tahun 2024 akan kembali digelar sehingga bisa menjadi agenda tahunan dan bisa masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN). Dimana Festival Budaya Tionghoa menjadi strategi kolaborasi antara Dispar dengan Kemenparekraf melalui penyelenggaraan kegiatan yang berkualitas.

“Ya, tentunya dalam membangkitkan geliat event daerah dengan mempromosikan destinasi wisata, meningkatkan kunjungan wisata, dan memberdayakan potensi lokal. Festival Budaya Tionghoa dan event lainnya di Kepulauan Riau harus terus kita dukung,” jelas Afitri Susanti.

Sementara itu, Ketua Ikatan Tionghoa Muda (ITM) Kepri Edi Yanto menambahkan, beragam pertunjukkan bercirikan masyarakat Tionghoa digelar, salah satunya seni pertunjukkan Barongsai.

Selain menampilkan berbagai stand bazar kuliner dan UMKM lainnya, kegiatan ini memang sudah selalu ditunggu-tunggu masyarakat Tionghoa lokal maupun wisatawan dari negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

“Para pengunjung dihibur pentas seni, berbagai kebudayaan Tionghoa, barongsai naga dan aneka kuliner atau makanan tionghoa,” jelas Edi.

Ia menyampaikan, pihaknya mewakili masyarakat Tionghoa sangat mengapresiasi perhatian Pemprov atas terselenggaranya FBT 2023 kali ini di lokasi terbuka. Apalagi diresmikan langsung Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

Wartawan: Sutana
Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *