oleh

Bupati Karimun Pimpin Rapat Koordinasi Terkait Gas Elpiji

Karimun, Kepridays.co.id-Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq, S. Sos, M. Si. Memimpin Rapat Koordinasi Terkait Gas Elpiji 3 Kg di Kabupaten Karimun yang diadakan oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro, Pedagangan dan Energi Sumber Daya Mineral , di Ruang Rapat Cempaka Putih , Selasa (5/09/2023).

Adapun 5 Perusahaan Penyalur Gas Elpiji 3kg yaitu PT. BINTANG ABADI SEJAHTERA, PT. CIPTA NUSA INDONESIA, PT. LESTARI CIPTA PRIMA SAKTI, PT. PETROMAS JAYA ABADI, PT. PRIMA JAYA SUKSES.

Adapun permasalahan atau kondisi gas Elpiji 3 kg saat ini di pulau Karimun l diantaranya jumlah pangkalan gas Elpiji 3 kg sebanyak 137 pangkalan diluar pulau Karimun dan 338 pangkalan khusus pulau Karimun sehingga dengan total keseluruhan 475 pangkalan. Masih sering terjadi kelangkaan atau kekosongan di pangkalan sehingga masyarakat sering mengeluh akan situasi ini.

Dalam rakor tersebut diidentifikasi beberapa kendala di pulau Karimun seerti jumlah usaha mikro semakin meningkat, dengan demikian kebutuhan akan sangat meningkat drastis. Kemudian peningkatan nilai modal usaha yang menjadi kategori usaha mikro.

Masyarakat mampu juga turut serta menjadi pengguna gas LPG 3 Kg. Kemudian panic buying sehingga masyarakat menyediakan stock lebih de tabung dirumahnya, hal ini mempengaruhi perputaran tabung akan diisi ulang.

Isi ulang tabung kosong berada di Tg. Uban sehingga butuh waktu isi ulang 4 sampai dengan 5 hari agar dapat distribusi tabung isi kepangkalan. Kemudian Tabung rusak saat ini yang ada di kelima perusahaan sebanyak 28 LO atau 15.680 tabung sehingga ini sangat mempengaruhi jumlah perputaran tabung yang akan diisi ulang.

Sebagai penutup rapat adapun solusi yang disampaikan yaitu pengoperasian SPBE yang ada saat int sesegera mungkin sehingga memutus jarak yang meniadi kendala saat ini dan harga di Pulau Karimun besar juga akan menurun

PT. Pertamina Patra NiagaMOR I SAM Ritel Kepri harus SEGERA memperbaiki atau mengganti tabung rusak yang ada saat ini yaitu sebanyak 28 LO sehingga sirkulasi tabung akan semakin banyak. Terakhir pendataan ulang secara seluruh usaha mikro yang ada saat ini sesuai jenis usaha dan kebutuhan gas 3 kg setiat bulannya serta pendataan kriteria usaha mikro. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *