oleh

SWRO Penyengat Gangguan, Aliran Air Bersih ke Warga Terganggu

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Kepala UPTD SPAM Dinas PUPR Kota Tanjungpinang Heri Jumeri membenarkan, ada gangguan teknis pada instalasi mesin pompa Sea Water Reverses Osmosis (SWRO) Pulau Penyengat. Hal itu menyebabkan terganggunya aliran air bersih ke rumah warga.

“Tim teknis kita tengah melakukan perbaikan, dan air masih dapat mengalir meski sedikit mengalami gangguan. Hari Senin (21/8) ini, kita akan berkoordinasi ke BPPW Kepri di Batam untuk penanganan lebih lanjut,” kata Heri Jumeri, Minggu (20/8).

Pemenuhan kebutuhan air bersih Pulau Penyengat, lanjut Heri, saat ini masih dalam tahap uji alir sampai ke 431 pelanggan. Tim teknis UPTD SPAM, melakukan penelusuran terhadap penyebab gangguan aliran air bersih ke rumah warga.  Dan berdasarkan penelusuran tersebut, ditemukan beberapa peralatan pendukung yang kurang berfungsi dengan baik.

Pengolahan air laut menjadi air konsumsi menggunakan teknologi SWRO, merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk melayani pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat Pulau Penyengat. Pada tahap awal, Pemerintah Kota Tanjungpinang telah memberikan layanan kebutuhan air bersih untuk 100 pelanggan. Kemudian Kementerian PUPR melalui BPPW Kepri memberikan dukungan peningkatan kapasitas, hingga kini mampu melayani 431 pelanggan.

“Masih bisa berjalan, kita melakukan beberapa kegiatan pemeliharaan seperti cuci membran. Banyak faktor yang menyebabkan gangguan tersebut. Untuk kegiatan pemeliharaan yang lebih luas, kita akan kordinasikan ke BPPW Kepri,” ungkap Heri.

Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *