oleh

KPU Tanjungpinang Ajak Masyarakat dan Media Sukseskan Pemilu 2024

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang mengajak seluruh masyarakat dan media yang ada di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) untuk mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Tanjungpinang, Muhammad Faizal saat Coffee morning KPU bersama Jurnalis dengan tema “Peran Media Dalam Tahapan Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2024” yang dihadiri anggota KPU, Bawaslu, KPID dan Polri, Rabu (13/12/2023) di kedai kopi Qozy Tanjungpinang.

M. Faizal mengatakan, saat ini KPU Tanjungpinang sedang melaksanakan tahapan kampanye yang sudah dimulai dari Tanggal 28 November hingga 10 Februari 2024 mendatang.

“Rentan waktu ini bisa dimanfaatkan untuk berkampanye dengan peran media dalam mensukseskan Pemilu tahun depan,” ujarnya.

Ia mengakui bahwa proses tahapan dan pelaksanaan Pemilu tidak dapat berjalan sesuai yang diharapkan tanpa adanya dukungan dari masyarakat termasuk peran Media.

“Kami sebagai penyelenggara Pemilu bersama Bawaslu tidak dapat berjalan tanpa dukungan masyarakat dan media. Karena kerja dan proses tahapan Pemilu yang telah kami laksanakan itu disebar luaskan oleh media,” katanya.

Oleh karena itu, penting sekali bagi penyelenggara Pemilu menyampaikan ke media di setiap tahapan kampanye terutama tahapan sosialisasi sehingga sampai ke masyarakat.

Tentunya ini membutuhkan konsentrasi penuh dari setiap penyelenggara termasuk peran media, sehingga tahapan Pemilu dapat diakses dan diketahui masyarakat luas. Terlebih masyarakat yang cuek dan tidak mau tahu kapan pelaksanaan pemilu.

“Kita harapkan kerjasama media dapat memberikan informasi yang benar, tepat ke masyarakat,” harapnya.

Ia juga menyampaikan, Pemilih di 2024 ini ada sekitar 52 persen adalah pemilih muda. Oleh karena itu, pihaknya akan membentuk duta demokrasi khususnya dari kalangan pelajar di Kota Tanjungpinang.

Pihaknya telah meminta kepada semua Kepala sekolah khususnya tingkat SMA/SMK se Tanjungpinang untuk memberikan satu orang dari setiap sekolahnya untuk diutuskan sebagai duta demokrasi.

“Besok kita akan berikan pembekalan terhadap duta demokrasi dari kalangan pelajar ini. Kita dorong pelajar-pelajar kita untuk tidak golput, ini salah satu upaya kita di KPU,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam tahapan Pemilu dan pelaksanaan Pemilu nantinya baik Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang, Bawaslu dan KPID sebagai komisi penyiaran yang memantau konten di media.

“Terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam Pemilu 2024. Mohon doa dan dukungan dari kawan-kawan media agar Pemilu tahun 2024 ini berjalan lancar dan kondusif,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Penjabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan melalui Asisten 1 Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Tanjungpinang Muhammad Yatim mengucapkan terimakasih sekaligus apresiasi kepada seluruh penyelenggara Pemilu 2024. Pemerintah akan melibatkan seluruh unsur untuk mensukseskan Pemilu 2024 mendatang.

“Kita akan melibatkan semua unsur termasuk Ormas, tokok agama, toko masyarakat dan lain sebagainya untuk berpartisipasi menyukseskan kan pemilu 2024 di Tanjungpinang,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, bahwa masyarakat Tanjungpinang dominasi oleh pemilih muda, sehingga perlu diberikan pemahaman-pemahaman terkait pemilu ini.

Ia mengimbau kepada seluruh ASN Pemko Tanjungpinang dan juga seluruh lembaga permasyarakatan seperti RT/RW se Kota Tanjungpinang untuk menjaga netralitas dalam Pemilu 2024.

“Kalau ada yang melanggar mungkin sampai ke pemecatan. Semoga Pemilu 2024 ini berjalan lancar, aman dan sukses,” harpanya menutup.

Wartawan: Amri

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *