oleh

Kawasan Industri Bintan di Lobam Konsisten Gelar Bulan K3 Nasional

Bintan, KepriDays.co.id – Kawasan Industri Lobam Kabupaten Bintan konsisten menggelar Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional. Bulan ini berbagai kegiatan menarik dan bermanfaat disuguhkan.

Kegiatan tersebut dimulai dari apel Bulan K3. Lalu donor darah, lomba poster K3, lomba video K3, seminar K3, dan senam kreasi sebagai acara final yang dilaksanakan pada saat penutupan acara.

Untuk pelaksanaan apel K3 dihadiri langsung oleh Kadisnaker Provinsi Kepri, Kadisnaker Kabupaten Bintan, Kadis DPMPTSP, General Manager PT BIIE, Pimpinan Perwakilan Tenant Kawasan BIE, serta peserta diikuti perwakilan dari setiap tenant yang berada di dalam Kawasan BIE.

Setelah apel K3 dilanjutkan dengan penampilan drama pentingnya bekerja menggunakan APD sesuai peruntukannya oleh SMA Tunas Bangsa, dilanjutkan dengan atraksi Tim Fire Safety PT BIIE tentang cara penggunaan apar serta penanganan kebocoran gas elpiji rumah tangga dan ditutup dengan senam pekerja sehat.

Setelah rangkaian acara apel, para peserta dan tamu undangan lanjut melaksanakan kegiatan donor darah hingga terkumpul 149 kantong darah.

“Ini merupakan rekor kantong darah terbanyak selama PT BIIE melaksanakan aksi donor darah,” ujar GM PT BIIE, Aditya Laksamana, kemarin.

Selanjutnya seminar K3 dilaksanakan dengan tagline “Cara Jitu Penerapan Safety Melalui Teknologi dan Pendekatan Psikologis”.

Seminar tersebut menghadirkan dua narasumber profesional yaitu HSE Management Specialist Sutrisno S, AB dari Yayasan Pendidikan Ikbal-M-Yos Batam dan Dokter Specialist Okupasi dr Liem Jen Fuk dari Prodia Batam untuk memberikan materi Penerapan Safety melalui teknologi dan Pendekatan Psikologis melalui Promoting Safety Behaviors at Workplace.

“Untuk seminar diikuti 144 peserta,” katanya.

Pada seminar tersebut juga diumumkan para pemenang lomba K3. Juara 1 poster K3, video K3, dan lomba senam kreasi masing-masing dimenangkan oleh Herdiansyah dari PT Esco, Hendri dari PT BIIE, Tim happy & healthy dari PT I-PEX. Lomba-lomba tersebut telah diikuti dengan antusias oleh total 20 peserta dari berbagai tenant.

Diharapkan kedepannya semua pihak dapat bersinergi, sehingga penerapan teknologi tepat guna pada perkembangan industri 5.0 dapat terus berkelanjutan.

“Selain itu mampu meningkatkan awareness & change of mind akan pentingnya K3 agar tercapai zero accident, meningkatkan produktivitas dan daya saing tanpa mengorbankan keselamatan,” jelasnya.

Aditya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik.

K3 bukan hanya tanggung jawab perusahaan, tetapi merupakan komitmen bersama untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman dan sehat bagi semua.

“Semoga momentum Bulan K3 Nasional ini dapat menjadi inspirasi untuk terus meningkatkan standar K3 di Kawasan Industri Bintan,” ucapnya.

Kegiatan Bulan K3 Nasional Tahun 2024 ini didukung oleh berbagai pihak yaitu PT CCI Bintan, PT Bionesia Organic Foods, PT Indo Gemilang Coconut Lestari, PT Singatac Bintan, Klinik IW, BPJS Ketenagakerjaan, Prodia, PT Amerta Indah Otsuka dan Cafe Kata Kita.

Wartawan : Ari
Editorial : Rian

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *