oleh

Ratusan Pelajar Bintan Berminat jadi Polisi

Bintan, KepriDays.co.id – Hari ke 5 berjalannya Operasi Keselamatan Seligi 2024 Polres Bintan berbagai kegiatan telah dilakukan oleh masing-masing satuan tugas (satgas) yang terlibat dalam Operasi Keselamatan tersebut.

Salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu melakukan sosialisasi dan memberikan himbau kepada pelajar SMA dan SMK yang ada di kabupaten Bintan, seperti yang dilakukan oleh satgas Preemtif di SMK Muhammadiyah Tanjung Uban, Kamis (7/3/2024) kemarin.

Kegiatan penyuluhan dipimpin oleh Kasatgas Preemtif Bripka Romizona, S.H bersama dengan 3 personel satlantas Polres Bintan.

Saat penyuluhan dan sosialisasi tersebut, Romizona memberikan petunjuk tentang keselamatan berkenda di jalan, selain dari memberikan pengarahan juga diberikan bimbingan secara langsung kepada siswa siswi SMK Muhammadiyah Tanjung Uban, bahkan tata cara pemakaian helm yang benar juga diperagakan oleh tim sosialisasi tersebut.

“Bagi adik-adik yang belum berusia 17 tahun dan belum mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) dilarang mengendarai sepeda motor di jalan raya, namun kalau adik-adik sudah berusia 17 tahun dan sudah mendapatkan SIM silahkan mengendarai kendaraan tentunya dengan mengikuti peraturan lalu lintas,” kata Romi.

Setelah dilaksanakan sosialisasi dan memberikan himbau dibuka pertanyaan bagi siswa-siswi tersebut tentang peraturan lalu lintas, namun yang dipertanyakan oleh siswa malah tata cara untuk menjadi anggota Polri.

“Pak, saya disini bertanya bagaimana caranya untuk bisa menjadi anggota Polisi karena saya berniat untuk menjadi Polisi setelah selesai Sekolah SMK ini,” tanya seorang siswa.

Menjawab pertanyaan tersebut, Romizona menjawab, bahwa untuk menjadi anggota Polisi harus melalui beberapa proses.

“Pertama harus mendaftarkan diri dulu secara online apabila sudah ada pembukaan penerimaan anggota Polri dengan melampirkan beberapa formulir yang tertera dalam pendaftaran tersebut,” kata Romi.

Romi juga menjelaskan kepada para siswa-siswi yang berminat untuk menjadi anggota Polri bahwa dalam waktu dekat akan dibuka pendaftaran calon anggota Polri dan segeralah mendaftarkan dirinya, untuk kejelasannya silahkan mendatangi bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Polres Bintan.

Sementara, Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo melalui Kasi Humas Polres Bintan Iptu Alson menyampaikan, bahwa dalam waktu dekat ini Polri akan membuka pendaftaran bagi remaja Bintan atau Putra-Putri yang berminat menjadi anggota Polri.

“Iya benar, tidak lama lagi akan dibuka pendaftaran penerimaan calon anggota Polri”, kata Alson.

Alson pun mengatakan, bahwa Polres Bintan telah membuka dan menerima ratusan remaja baik yang masih bersekolah maupun yang telah tamat SMA/SMK untuk dibimbing dalam pelaksanaan tes untuk menjadi anggota Polri.

“Pembinaan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh Polres Bintan dilaksakan oleh Bag SMD Polres Bintan di ketua oleh Kabag SDM Polres Bintan AKP Suardi dan sudah berjalan selama sebulan lebih,” katanya.

Pelajaran yang diberikan tata cara pelaksanaan tes untuk menjadi anggota Polri mulai dari Kesehatan, Kesamaptaan Jasmani, Physikologi dan tes lainnya yang diujikan dalam proses penerimaan anggota Polri.

“Silahkan selalu melihat atau selalu mendapatkan informasi yang akurat kapan waktunya pembukaan dan pelaksanaan penerimaan anggota Polri, Ayo gunakan kesempatan yang ada dan ingat dalam penerimaan untu menjadi anggota Polri tidak dipungut biaya atau Gratis,” ujarnya.

Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *