oleh

DPRD Bintan Gelar Paripurna Penyampaian LKPJ Tahun Anggaran 2023

Galeri Foto – DPRD Bintan menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2023 digelar di Ruang Sidang DPRD Bintan, Kamis (28/3/2024).

Rapat Paripurna ini dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Bintan Fiven Sumanti. Hadir juga Wakil Ketua II DPRD Bintan Agus Hartanto, Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, Sekwan Bintan Riang Anggraini, Sekda Bintan Ronny Kartika serta Anggota DPRD Bintan, FKPD, OPD dan kecamatan.

Bupati Bintan, Roby Kurniawan dalam paparannya menyampaikan bahwa hingga saat ini proses audit masih berlanjut dan akan segera dilaporkan kembali semua hasilnya pada sidang lanjutan. Hal ini sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah.

Dalam paparan keterangannya, penyampaian Bupati Bintan dapat diuraikan sebagai berikut yaitu Pendapatan Daerah Kabupaten Bintan ditargetkan sebesar Rp. 1,112 Triliun, sementara realisasinya sebesar Rp. 1,125 Triliun atau sebesar 101,20 persen. Untuk capaian 2023 melebihi target yang telah ditetapkan sebesar Rp. 13,33 Miliar.

Berikutnya Belanja Daerah tahun 2023 terdiri dari Belanja Operasi, Belanja Modal, Belanja Tak Terduga dan Belanja Transfer. Belanja Daerah pada tahun 2023 dianggarkan Rp. 1,276 Triliun lebih dan terealiasi akumulatif sebesar Rp. 1,130 Triliun lebih atau mencapai 88,57 persen.

Lalu untuk Pembiayaan Daerah meliputi Penerimaan Pembiayaan dan Penggunaan SiLPA sebesar Rp. 163,44 Miliar lebih dengan realisasi mencapai 100 persen. Sementara Penerimaan Kembali Pinjaman Daerah sebesar Rp. 0 sehingga total Pembiayaan Netto sebesar Rp. 159,19 Miliar lebih.

Selanjutnya Bupati Roby juga memaparkan perkembangan Indikator Makro Pembangunan Daerah yang menjadi pencapaian sepanjang tahun 2023. Diantaranya Indeks Pembangunam Manusia mencapai 77,50 poin berdasarkan rilis BPS Bintan. Angka ini meningkat dibanding tahun 2022 yang tercatat 76,80 poin.

Angka Kemiskinan yang juga kembali meraih tren positif. Penurunan angka ini pada tahun 2023 menjadi 5,90, dimana sebelumnya pada angka 6,44 pada tahun 2022. Angka Pengangguran juga ditekan menjadi 5,43 persen dari sebelumnya 6,91 persen.

Sidang Paripurna kali ini akan berlanjut pada Sidang Paripurna penyampaian LKPJ yang akan dijadwalkan usai proses audit selesai dilakukan. Roby kemudian menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas dukungan serta berbagai masukan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah demi kemajuan Bintan sesuai dengan cita-cita yang diharapkan maupun yang tertuang dalam visi dan misi Kabupaten Bintan.

Narasi dan Foto : Ari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *