oleh

Warga Dapat Gunakan Hak Suara, Bawaslu Anambas Awasi Proses Pantarlih

Anambas, KepriDays.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepulauan Anambas menggelar sosialisasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Sabtu, (8/6).

Sosialisasi ini diikuti oleh beberapa Kepala Desa, Lurah dan RT/RW yang berdomisili di Pulau Siantan.

Ketua Bawaslu Anambas, Jupri Budi menjelaskan tahapan Pilkada sudah mulai dilaksanakan. Agenda terdekat yaitu Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih).

“Fungsi Bawaslu saat pantarlih nanti ialah mengawasi jalannya agenda itu. Maka kita mengajak seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama mengawasi kegiatan Pantarlih ini,” ujar Jupri Budi.

Pada pantarlih ini, ia meminta agar petugas yang di tunjuk oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Anambas dapat bekerja dengan baik agar seluruh warga terdata dengan baik.

“Pastikan semua warga terdata, jangan sampai ada warga kita yang tidak masuk dalam Daftar Pemilih,” tegas Jupri.

Sementara itu Ketua KPU Anambas, Padillah menghimbau supaya masyarakat dapat partisipasi dalam pantarlih. Ketika petugas datang, sudah harus menyiapkan berkas pendukung seperti Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.

Warga pendatang termasuk dalam radar KPU untuk dimasukkan dalam daftar pemilih.

‘Banyak warga pendatang yang ada disini. Nah jangan sampai warga pendatang tak terdata. Dengan catatan, warga pendatang ini mempunyai KTP Provinsi Kepri. Diluar itu, ya kita tak data,” kata Padillah.

KPU sudah berkordinasi dengan Dinas Kependudukan (Disduk) Anambas untuk menggesa pembuatan KTP untuk pemilih pemula.

“Pemilih pemula yang sudah dan akan mengijak usia 17 tahun pada 27 November nanti kita minta Disduk untuk segera menerbitkan KTP. Karena mereka sudah punya hak pilih,” pungkas Padillah.

Wartawan : Yolana Seftia Monisa
Editor : Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *