oleh

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Dharma Setiawan Tekankan Penerapan Persatuan dan Kesatuan Masyarakat

Batam, KepriDays.co.id – Dalam rangka meningkatkan rasa persatuan dan Kesatuan dalam keberagaman masyarakat khususnya di Kelurahan Sadai kecamatan Bengkong, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) H. Dharma Setiawan melakukan sosialisasi 4 pilar kebangsaan negara Indonesia.

Adapun 4 pilar itu, yakni, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika dengan masyarakat RW. 22 Kelurahan Sadai Kecamatan Bengkong, Kota Batam.

Bang Haji Dharma sapaan akrab H. Dharma Setiawan terus melakukan sosialisasi empat pilar di seluruh Provinsi Kepulauan Riau yang terdiri dari berbagai macam suku dan adat dan budaya.

Masyarakat yang memiliki rasa persatuan dan kesatuan akan mengutamakan toleransi di antara sesamanya. Menghormati perbedaan akan membantu saling melengkapi dan memperkuat persatuan yang sesuai dengan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, Pancasila dan UUD 1945.

”Kepulauan Riau sebagai provinsi yang di kelilingi kepulauan patut disyukuri dan dijaga karena memiliki sumber daya alam yang berlimpah, mempunyai keberagaman suku, agama, ras dan adat istiadat merupakan suatu kelebihan,” katanya, Sabtu (15/6/2024).

Lebih lanjut, Bang Haji juga menjelaskan, tentang pentingnya menjaga Persatuan dan Kesatuan bangsa khususnya masyarakat kepulauan Riau, sikap persatuan dan kesatuan adalah kunci untuk membangun masyarakat yang kuat dan harmonis.

“Pentingnya penerapan Persatuan dan Kesatuan dalam masyarakat juga dituangkan dalam Pancasila sila ke-3 yaitu Persatuan Indonesia,” katanya.

Selanjutnya, kata Bang Haji, Persatuan dan Kesatuan harus terus ditingkatkan dalam kehidupan sehari-hari. Upaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah tanggung jawab semua pihak, termasuk generasi muda di RW. 22 Kelurahan Sadai yang mengikuti Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini.

Sementara Bang Haji diakhir acara mengharapkan, para peserta sosialisasi memahami dan mengamalkan 4 pilar kebangsaan secara konsisten, dan mampu mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya menekankan pentingya menjaga persatuan dan Kesatuan.

“Tujuannya agar meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menciptakan masyarakat yang harmonis, menghindarkan konflik dan perpecahan, serta meningkatkan rasa cinta tanah air,” katanya. ***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *