oleh

Rutinitas Sehat untuk Penderita Gagal Jantung

Dunia, KepriDays.com – Gagal jantung merupakan kondisi di mana jantung tak lagi dapat memompa darah ke seluruh tubuh dengan jumlah yang memadai. Gagal jantung bisa disebabkan oleh beragam kondisi yang merusak jantung seperti penyakit jantung koroner, serangan jantung, hingga kardiomiopati.

Karena berbahaya dan dapat mematikan, pasien gagal jantung harus mendapatkan obat atau operasi yang sesuai dengan kondisi mereka. Di samping itu, pasien gagal jantung juga perlu merapkan pola hidup dan kebiasaan sehat agar kondisi gagal jantung mereka tidak memburuk. WebMD merangkum setidaknya ada 13 kebiasaan sehat yang perlu diadopsi pasien gagal jantung.

1. Mewaspadai Gejala Setiap Hari.

Pasien penyakit jantung atau gagal jantung kongestif perlu mewaspadai perubahan-perubahan yang terjadi dalam tubuh mereka. Salah satu cara termudah adalah mencatat setiap gejala yang dialami. Beberapa gejala yang perlu diperhatikan adalah kesulitan bernapas, tangan atau kaki membengkak hingga batuk. Bicarakan dengan dokter jika pasien menemukan suatu perubahan yang baru.

2. Aktif Bergerak.

Pasien gagal jantung perlu menerapkan pola hidup aktif. Pola hidup aktif dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah bahkan berat badan berlebih. Jika memungkinkan, pasien dengan masalah jantung sebaiknya bergerak setiap hari setidaknya 30 menit per hari sebanyak lima hari per minggu. Beberapa aktivitas fisik yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki, bersepeda atau berenang. Demi keamanan, psien sebaiknya berdiskusi dengan dokter sebelum memilih aktivitas fisik yang ingin ditekuni sehari-hari.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.