oleh

Tanjungpinang Kota Terbaik Kinerja Imunisasi Nasional

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Penjabat Walikota Tanjungpinang Raja Ariza menerima piagam penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia terkait Kota Terbaik Kinerja Imunisasi Tingkat Nasional, Senin (30/4/18) kemarin di Pandeglang Banten.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang Rustam, penghargaan tersebut bisa didapatkan Tanjungpinang, karena sekurang-kurangnya ada 3 hal yang menjadi kriteria.

Pertama, cakupan imunisasi di Kota Tanjungpinang tinggi dan merata di seluruh kelurahan. “Semua Kelurahan di Kota Tanjungpinang berhasil mencapai Universal Coverage, yakni cakupannya di atas 80 persen bahkan di atas 90 persen,” katanya.

Sedangkan kedua, Rustam melanjutkan, upaya surveilans, yaitu perkembangan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi berjalan secara baik, lengkap dan berkesinambungan.

“Baik itu surveilans yang berbasis fasilitas pelayanan kesehatan, yaitu dokter praktek, klinik, Puskesmas dan rumah sakit,” ucapnya.

Sementara ketiga, masih kata Rustam, dalam lima tahun terakhir tidak ditemukan kasus-kasus penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi secara significan.

“Kasus campak rendah, difteri kita tidak ditemukan kasus positif, polio bebas, dan sebagainya,” ujar Rustam. (RNN)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *