oleh

Faktor Penyebab Kecanduan Main Game

Dunia, KepriDays.co.id – Tidak semua orang yang gemar memainkan permainan berbasis Internet atau game online akan mengalami kecanduan atau ketergantungan.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kerentanan terjadinya kecanduan, antara lain faktor biologi, psikologi, dan sosial.

dr. Kristiana Siste, SpKJ(K), Kristiana Siste, menjelaskan, orang yang gemar bermain game, neurotransmitter dopamine di tubuhnya akan meningkat saat bermain sehingga menimbulkan rasa senang (pleasure effect).

 “Manusia dilahirkan dengan dopamine yang rendah jadi dia akan selalu mencari cara, benda, atau kegiatan yang bisa meningkatkan dopamine-nya. Maka, dari segi biologi, seseorang yang memiliki gangguan neurotransmitter dopamine akan lebih rentan mengalami kecanduan,” ujar Kristiana dalam keterangan resmi Kementerian Kesehatan.

Permainan berbasis online kerap menyuguhkan konten-konten yang memacu adrenalin pemainnya. Selain itu, terdapat tantangan yang senantiasa bertambah di setiap level permainan. Hal ini tentu menjadi daya tarik sekaligus merupakan risiko bagi orang-orang yang pada dasarnya secara psikologi senang mencari tantangan (novelty seeking).

Adapun dari sisi sosial, salah satunya pola pengasuhan orang tua yang memberikan game kepada anaknya sejak usia dini sehingga membentuk pola pikir bahwa gameadalah tempat mencari kesenangan, sehingga akhirnya mereka ketergantungan.

“Jadi, bukan hanya faktor pribadi, tetapi ada faktor biologi, psikologi, dan sosial yang mempengaruhinya,” kata Kristiana. (TIM REDAKSI)