oleh

Kemenkes Lanjutkan Kampanye Imunisasi MR sampai Desember, Kepri sudah 57 Persen

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Virus Campak dan Rubella (MR) akan sangat berbahaya dan merugikan negara apabila menginveksi ibu hamil. Karena ibu hamil yang terinveksi virus tersebut akan menyebabkan kecacatan pada anak yang dilahirkan.

Satu-satunya cara untuk menghindari virus itu adalah dengan imunisasi MR. Untuk itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah melanjutkan waktu kampanye Imuninasi MR fase ke-2 ini hingga 31 Desember 2018.

Sedangkan sampai saat ini di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepri, Tjetjep Yudiana, bahwa imunisasi MR telah berjalan dengan lancar dan sudab mencapai 57 persen dari keselurahan.

“Sudah mencapai 57 persen. Target kita Kepri 95 persen melakukan imunisasi MR,” katanya dihubugi KepriDays.co.id.

Sementata Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan, Kemenkes drg. R. Vensya Sitohang mengatakan, cakupan imunisasi MR sampai 31 Oktober pukul 18.00 WIB belum mencapai target 95% atau 32 juta anak. Cakupan imunisasi MR baru mencapai 66,9 atau 21,4 juta anak.

“Artinya kekebalan anak terhadap virus MR belum terbentuk sehingga kami (Kemenkes) masih meminta kepada kawan-kawan di daerah semuanya untuk terus melaksanakan imunisasi MR,” kata drg. Vensya, pada Temu Media terkait Kampanye Imunisasi MR di Ruang Naranta Kemenkes, Kamis (1/11) kemarin.