oleh

Begini Cara Lantamal IV Peringati Hari Dharma Samudera

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Pangkalan Utama TNI AL IV (Lantamal IV) Tanjungpinang melaksanakan aksi bersih-bersih di Pantai Taman Bahari Lantamal IV, Senin (14/1). Kegiatan ini digelar
Sempena memperingati Hari Dharma Samudera 2019.

Komandan Lantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Ribut Eko Suyatno langsung memimpin kegiatan tersebut. Kegiatan bersih-bersih juga diikuti oleh Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Riono, prajurit dan personel dari Lantamal IV Tanjungpinang, jajaran TNI AD, TNI AU, Pelajar dan Pramuka

Danlantamal IV menjelaskan, kegiatan bersih-bersih pantai dilaksanakan dengan cara membagikan kantong-kantong plastik kepada personel yang hadir untuk membersihkan dan mengumpulkan sampah-sampah yang ada di pinggir pantai.

“Kegiatan ini sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat pesisir pantai agar tidak membuang sampah ke laut untuk menjaga kelestarian dan kelanjutan kehidupan biota laut khususnya di kawasan Teluk Keriting, Batu Hitam dan daerah lainnya,” katanya.

Kegiatan bersih-bersih pantai ini disebutkannya dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2019. Hari Dharma Samudera merupakan hari peringatan gugurnya Pahlawan Yos Sudarso di laut Aru. Sedangkan pelaksanaan puncak peringatan adalah pada tanggal 15 Januari 2019 nanti.

“Nantinya upacara peringatan Hari Dharma Samudera akan dilaksanakan dan dilanjutkan dengan Upacara Tabur Bunga di Laut,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekda Kota Tanjungpinang Riono memberikan apresiasi kepada Lantamal IV Tanjungpinang yang telah melaksanakan kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat dan sejalan dengan program Pemerintah Kota Tanjungpinang dalam mempertahankan Adipura.

“Ini sebuah bukti sinergitas antara elemen masyarakat terkait mempertahankan Adipura yang telah kita raih,” jelasnya.

Riono juga berharap, dengan adanya kegiatan bersih-bersih pantai ini akan bermanfaat bagi masyarakat dan dapat menjadi contoh bagi masyarakat untuk menjaga lingkungan maritim dan kebersihan pantainya.

“Melalui kegiatan ini diharapkan akan adanya perubahan pola pikir masyarakat untuk tidak membuang sampah dilaut agar terjaga kebersihannya dan lingkungan pun akan menjadi lebih sehat,” kata Riono.

Usai melaksanakan apel, Danlantamal beserta Sekda Kota Tanjungpinang memberikan peralatan kebersihan kepada perwakilan masing-masing kelompok yang akan melaksanakan kegiatan bersih-bersih tersebut berupa cangkul, sapu lidi dan peralatan kebersihan lainnya. (*)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *