oleh

Buka Posko Kesehatan, Dinkes Pantau Kondisi Warga Terdampak Banjir Hingga Tujuh Hari

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Setelah terjadinya curah hujan yang tinggi di wilayah Tanjungpinang beberapa hari ini, banjir pun melanda ke rumah-rumah warga.

Kondisi ini membuat Walikota Tanjungpinang Syahrul merespon cepat dengan menurunkan BPBD Tanjungpinang untuk menyedot genangan air yang memasuki rumah warga.

Kemudian Syahrul juga memerintahkan dinas terkait untuk membuat dapur umum dan posko kesehatan.

Kepala Dinkes Tanjungpinang, Rustam mengatakan posko kesehatan tersebut terletak di Jalan Bhayangkara Tanjungpinang untuk membantu mempermudah warga yang membutuhkan layanan kesehatan. Sejak dibuka kemarin, katanya, bermacam-macam keluhan disampaikan warga. Ada warga yang merasa kecapean dan ada yang mengeluhkan kurang enak badan.

“Yang datang kebanyakan Ibu Ibu yang berusia lanjut. Dan penting menjadi Kewaspadaan masyarakat lokasi pasca genangan (banjir) juga membersihkan sampah dan genangan air agar tidak menjadi tempat perkembangbiakan vektor penyakit seperti nyamuk. Sumur yang tercemar hendaklah dikuras dan dibersihkan dulu, walaupun hanya untuk cuci cuci, bukan untuk diminum,” pesan Rustam.

Sementara, Rustam pun meminta ke para dokter yang berada di posko tersebut dan bidan serta kelurahan setempat untuk memantau kesehatan warga pasca banjir sampai 7 hari kedepan.

“Kita minta dipantau apakah ada permasalahan kesehatan warga pasca banjir hingga 7 hari ke depan,” terang Rustam. (*)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *