oleh

Komisi III DPRD Kepri Desak Pemerintah Pusat Selesaikan Masalah Pencemaran Limbah di Bintan

Jakarta, KepriDays.co.id – Komisi III DPRD Kepulauan Riau mendesak pemerintah pusat menyelesaikan masalah pencemaran limbah oli di pesisir Kabupaten Bintan. Desakan tersebut disampaikan langsung oleh anggota Komisi III dalam pertemuan atau rapat dengan Kemenko Maritim di Jakarta, Rabu (23/01/2019).

“Pemerintah pusat harus segara turun untuk menanganinya karena permasalahan limbah oli ini sudah puluhan tahun terjadi dan terus berulang,” kata Wakil Ketua Komisi III Surya Makmur Nasution dalam Rapat di Kemenko Maritim.

Surya juga menyampaikan bahwa limbah oli yang mencemari pantai di wilayah Kepulauan Riau tersebut diduga bersumber dari aktivitas tank cleaning yang dilakukan di perairan Out Port Limit (OPL) di berbatasan Indonesia, Singapuran dan Malaysia.

“Sehingga diperlukan peran negara dalam penyelesaian masalah ini karena berkaitan dengan negara tetangga,” jelasnya.

Ia meminta kepada stakeholder terkait agar segera menangkap pelaku tank cleaning yang mengakibatkan rusaknya lingkungan di beberapa wilayah perairan di Kepulauan Riau.

“Harus segera ditangkap pelakunya agar bisa menjadi contoh bagi pelaku-pelaku lainnya dan bisa memberikan efek jera agar tidak melakukan pembuangan limbah oli di perairan OPL kita,” tegasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.