oleh

Gerakan 1 Rumah 5 Pohon, Kosgoro Kepri Salurkan Bantuan Bibit Pohon

Tanjungpinang, KepriDays.co.id
Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Barisan Muda Kosgoro (BMK) 1957 Provinsi Kepri melaksanakan gerakan 1 rumah 5 pohon di Provinsi Kepri. Untuk itu, Kosgoro menyalurkan bantuan bibit pohon kepada petani dan warga di wilayah Bintan, Selasa (29/1).

Ketua DPD BMK 57 Provinsi Kepri Jufri Helmi, ST mengatakan perogram tersebut merupakan lanjutan dari tahun 2018. Program tersebut merupakan program Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dilakukan untuk mencanangkan gerakan penghijauan khusus wilayah Bintan.

“Bibit yang kita salurkan adalah tanaman jenis buah. Tanaman produktif ini bisa lebih bermanfaat. Selain penghijauan buahnya bisa dimanfaatkan dan bernilai ekonomis,” katanya.

Bantuan bibit tanaman yang diberikan, kata Jufri, antara lain, durian, sirsak, petai, matoa dan jengkol.
Nantinya kelompok tani akan menanam tanaman tersebut dimasing-masing anggota kelompok tani, sementara kelompok masyarakat akan di tanam dimasing-masing rumah anggota kelompok masyarakat.

Jufri memaparkan bahwa, Kementerian membuktikan program gerakan tersebut untuk memberikan suasana hijau di lingkungan sekitar.

Adapun dalam hal pengadaan tanaman tersebut, Kosgoro didukung penuh oleh Kantor Balai Pengelolaaan Daerah Aliran Singai Dan Human Lindung (BPDASHL) Sei Jang Duriangkang Provinsi Kepri.

Plt. Kepala BPDASHL, Masir, S.Hut.M.Si, pada saat penyerahan bibit menghimbau warga untuk merawat tanaman ini dengan baik dan menjaga sehingga setelah tanaman ini besar bisa berrmanfaat.

“Kalaupun bukan kita yang mengambil manfaatnya bisa jadi anak cucu kita yang menerima manfaatnya, dan yang paling penting setelah tanaman diterima, tanaman ini jangan dijual,” ujarnya.

Di tempat terpisah, salah satu kelompok karya tani warga Batu Kapur Kelurahan Kawal, Sarwani, mengatakan, dengan adanya bantuan bibit tanaman ini sangat membantu para tani. ” Saya berharap bantuan bibit tanaman terus ada setiap tahunnya” katanya. (Untung)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *