oleh

Waduk Gesek Mengering, PDAM Berharap Turun Hujan

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Waduk Sei Gesek Bintan sudah mengering. Akibatnya pasokan air ke rumah-rumah warga tersendat.

Hal ini pun dikeluhkan Eko, warga daerah Kawal Kabupaten Bintan. Mereka mulai mengeluhkan air tidak lancar.

Kasubag Produksi PDAM Tirta Kepri Budi mengatakan Waduk Sei Gesek memang mengering. Pihaknya pun sangat mengharapkan hujan turun.

“Kita berharap hujan cepat turun, agar air Sei Gesek bisa bertambah,” ujarnya, Kamis (28/2/2019) sore kepada KepriDays.co.id.

Budi menambahkan, meskipun waduk Gesek kering, namun untuk Waduk Sei Pulai masih mencukupi. Waduk itu juga menyuplai ke masyarakat Bintan tidak hanya Tanjungpinang.

“Kita bersyukur juga, Sei Pulai kemarin surplus. Sei Pulai sekarang debit air masih 3 meter lebih. Alhamdulillah mencukupi untuk saat ini,” ujarnya.

Sementara untuk mendapatkan air di Waduk Sei Gesek, Budi mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan BWS supaya mendapatkan langkah-langkah kedepan yang akan diambil PDAM Tirta Kepri. Namun untuk upaya pemadam air begilir belum dilakukan pihaknya.

“Upaya kita saat ini membendung dengan sandback (red, kantong pasir) di daerah pintu pompa. Hasil koordinasi BWS, kedepan akan normalisasi sampai pengerukan,” ungkapnya.

Sementara itu, sumur-sumur warga juga mulai mengering. Sebagian warga sudah membeli air. Bahkan sebagian juga sudah menjalankan sumurnya. (*)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *