oleh

Finger Print, Kecurangan dan Kedisiplinan

Oleh :
Desy Ary Sandi
Mahasiswi Program Studi Ilmu Administrasi Publik STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, semakin banyak saja inovasi hasil karya manusia yang bermunculan dalam berbagai bidang kehidupan. Seperti bidang kesehatan, pemerintahan, pendidikan dan bidang lainnya.

Finger print adalah satu diantara produk perkembangan teknologi itu. Finger print merupakan alat yang digunakan untuk presensi kehadiran. Dengan cara menscan sidik jari jempol/jari telunjuk/jari kelingking atau jari lainnya. Dengan menscan secara benar, maka sekali scan dicatat sebagai sekali tanda tangan kehadiran. Langsung tercatat di database.

Teknologi finger print kebanyakan diterapkan di perusahan-perusahaan, kantor pemerintahan, Kantor Pelayanan, Kantor Swasta, dan Kantor lainnya. Penggunaan finger print di Pemprov Kepri belum lama diterapkan. Dan baru dimanfaatkan oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pegawai Tidak Tetap (PTT), dan Tenaga Honorer (Tenaga harian Lepas) di lingkungan Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau.

Segala sesuatu yang diciptakan pasti ada sisi plus dan minusnya. Termasuk teknologi finger print. Selain ada sisi plusnya juga ada sisi minusnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.