oleh

Mahasiswa Harus jadi Pelopor Politik Santun dan Bermartabat

Tanjungpinang, KepriDays.co.id-Badan Pengawas Pemilu Kota Tanjungpinang berharap mahasiswa di ibukota Kepulauan Riau berani menjadi pelopor membangun peradaban politik yang santun dan bermartabat.

Hal ini tercetus dalam Seminar bertema “Membangun Peradaban Politik Dalam Menghadapi Pemilu” di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Raja Haji Tanjungpinang, Minggu (31/03).

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhammad Zaini mengatakan meski bukan sebagai peserta pemilu, namun mahasiswa berperan strategis sebagai agent of change dan of social control dalam mensukseskan Pemilu 2019.

Menurutnya peradaban politik selaras dengan nilai tamaddun melayu yang santun, perlu dikembangkan oleh seluruh pihak, salah satunya peranan Perguruan Tinggi yang diharapkan mampu melahirkan generasi akademis berakhlak mulia.

Tema dialog itu, menurut dia mengandung semangat yang mulia dan tinggi sebagai upaya melahirkan pemimpin negara Presiden dan Wakil Presiden serta wakil rakyat anggota legislatif dari program demokrasi yang santun dan bermartabat.

Dalam dialog itu tambahnya, selain membahas terkait persoalan teknis pemilu, juga kajian makna filosofis etis yang diharapkan dari dinamika demokrasi.

Kegiatan ini menunjukkan peran besar mahasiswa dalam mendorong pemilu tidak hanya demokrasi elektoral, melainkan memberi kontribusi terhadap masyarakat terkait pendidikan politik pemilu yang santun dan edukatif, sehingga menjadi pemilih cerdas, rasional dan tidak pragmatis.

Wartawan: Munsyi Untung
Editor: Ikhwan



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *