oleh

Meski Hujan Lebat, Bawaslu Tanjungpinang Tetap Tertibkan APK

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Di bawah guyuran hujan membasahi Kota Tanjungpinang pada Ahad (14/4/2019), Bawaslu Kota Tanjungpinang bersama Satpol PP, Kepolisian, KPU, serta Panwaslu Kecamatan dan Kelurahan terus bergerak menertibkan APK (Alat Peraga Kampanye) dan BK (Bahan Kampanye) di 4 kecamatan, 18 kelurahan se-Kota Tanjungpinang.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini terlihat rela basah-basah demi menunaikan tanggungjawabnya sebagai wasit Pemilu 2019 di Tanjungpinang.

Ia menjelaskan proses penertiban dimulai dengan apel bersama sekitar 100 personil dari seluruh jajaran dari unsur Bawaslu, Pol PP dan Kepolisian di halaman kantor Bawaslu Kota Tanjungpinang, pada pukul 08.30 Wib

Saat ini merupakan penertiban APK yang ke 7 kali selama pemilu 2019. Sudah 1.500 APK yang telah ditertibkan. Meskipun berlangsung di bawah guyuran hujan sejak sekitar pukul 11 siang, namun tidak menyurutkan semangat pejuang demokrasi dalam menegakkan aturan, dalam proses penertiban APK. Dalam kondisi hujan seluruh tim terus bergerak diseluruh wilayah kota tanjungpinang.

“Proses penertiban ditargetkan selesai hingga minggu malam ini. Namun jika belum selesai, akan dilanjutkan hingga hari senin (14/04),” katanya kepada KepriDays.co.id.

Sebelum penertiban Bawaslu Kota Tanjungpinag telah melakukan pendekatan persuasif dengan mengirimkan surat kepada peserta pemilu 2019, bahkan diback up dengan mengingatkan via WhatsApp ketua, pengurus parpol dan tim kampanye. Agar melakukan penertiban paling lambat Sabtu (13/04), pukul 24.00.

“Alhamdulillah, sangat mengapresiasi sebagian parpol dan caleg yang telah menertib APK hingga waktu yang telah dibatasi. Sementara APK yang belum diturunkan, dilakukan penertiban¬† oleh Bawaslu,” ujarnya.

Bahkan diupayakan radius 200 meter, seluruh TPS steril dari APK dan BK. Oleh karena itu, diharapkan peran Pengawas TPS dan KPPS serta masyarakat untuk memantau, memastikan semua APK sudah steril dari TPS.

“Patuh kepada aturan, merupakan wujud dari kedewasaan berpolitik, serta menunjuk kualitas demokrasi yang semakin baik,” ujar Zaini.

Editor: Roni



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *