oleh

Penanaman Pohon jadi Tradisi APEKSI

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Aksi penanaman pohon yang merupakan rangkaian dari kegiatan  Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) I Komisariat Wilayah (Komwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Regional Sumatera di Kota Tanjungpinang yang digelar sejak 23-26 April 2019, mendapat apresiasi dari kalangan Walikota se-Sumatera.

Hal ini ditunjukkan saat melakukan penanaman pohon di Rumah Jabatan Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang di Bukit Manuk, Kamis (25/4) pagi.

Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul mengatakan kegiatan penanaman bibit pohon telah menjadi tradisi setiap pelaksanaan Rakerwil APEKSI. Namun demikian setelah kegiatan itu selesai, maka harus ada upaya merawat dan meneruskan komitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“Mengingat pentingnya peran pepohonan tidaklah berlebihan jika pada setiap Rakerwil APEKSI Regional 1 Sumatera, kita melaksanakan kegiatan penanaman pohon, khususnya pohon khas daerah masing-masing,” ungkapnya.

Syahrul pun menginginkan, agar kegiatan penanaman pohon pada kegiatan APEKSI  ini hendaknya dapat menjadi momentum untuk mengajak semua elemen masyarakat, untuk peka terhadap isu-isu penting kelestarian lingkungan.

“Seperti di kegiatan APEKSI ini para Walikota dan Pemerintah Kota se-Sumatera melakukan penanaman bibit pohon, kita harapkan pohon yang ditanam nantinya akan dijadikan monumental atau simbol bahwa pemerintah sejatinya komitmen menjaga lingkungan hidup yang asri, bersih dan sehat,” harap Syahrul.

Lebih lanjut Syahrul mengatakan, Pemerintah Kota se-Sumatera memiliki komitmen yakni ingin memperluas kawasan ruang terbuka hijau di daerah masing-masing dengan melakukan modifikasi kawasan kota menjadi hijau dan asri.

“Kegiatan penanaman pohon yang sudah menjadi rutinitas dari rangkaian kegiatan APEKSI, ini dapat menjadi contoh dari tekad semua pemerintah kota untuk peduli lingkungan,” katanya.

Setelah hal itu dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti sebagai wujud identitas pohon yang ditanam oleh Walikota se-Sumatera. Kemudian Walikota se-Sumatera ini melanjutkan dengan penanaman pohon dan menyirami pohon tersebut dengan harapan tumbuh subur dan menghasilkan.

Editor: Roni



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *