oleh

Wagub Kepri Panen Kurma Perdana di PN Tanjungpunang

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Wakil Gubernur Kepri Isdianto melakukan panen kurma perdana di Komplek Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Sabtu (25/05/19). Saat panen Isdianto didampingi Ketua PN Tanjungpinang Admiral.

“Jika nanti ada yang akan mengembangkan di Bintan, kita support. Bisa kerja sama pertanian dan pengembangan,” kata Isdianto.

Ketua PN Tanjungpinang, Admiral mengatakan pohon kurma tersebut 17 tahun lalu ditanam oleh seorang Hakim, ibu Yus Enizar. Namun baru kini berbuah dan dipanen.

“Ibu Yus Enizar itu alumni Universitas Andalas tahun 80, sama dengan saya. Nanti saya share ke dia, agar dia tahu kurma yang ia tanam sudah berbuah, dan kita dapat menikmati. Ini merupakan ladang amal bagi beliau,” kata Admiral.

Walau panen kali ini baru beberapa tangkai, karena ini yang perdana sejah pohon tersebut ditanam 17 tahun lalu, insya Allah berikutnya bisa panen 10 tangkai. Apalagi umurnya bisa 100 tahun.

“Kita berharap dengan hati kita memelihara dan dengan hati pula kita memanen. Jangan kita eoforia saja saat memanen, tapi tidak memelihara dengan sungguh-sungguh,” tambahnya.

Syarwito, pegiat kurma yang merawat kurma tersebut untuk percontohan, mengatakan, sebenarnya kurma itu bukanlah kurma unggul jenis Barhee dan KL 1 yang direncanakan akan dikembangkan di Bintan. Namun jenis lain.

“Ini bukti nahwa kurma bisa berbuah di Pulau Bintan. Jenis yang tidak unggul saja, karena kita rawat sesuai aturan yang benar, dapat berbuah. Apalagi yang unggul,” kata Wito.

Usai memanen Wito sapaan akrabnya melakukan presentasi terkait rencana pengembangan kebun kurma di Kepri.

Penulis: Munsyi Untung
Editor: Ikhwan



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *