oleh

Kades Sawang Selatan Disidang Pekan Depan


Karimun, KepriDays.co.id – Tersangka kasus korupsi penyalahgunaan dana desa yaitu Kepala Desa Sawang Selatan, Kundur Barat, Kabupaten Karimun bernama Sukiran, akan menjalani sidang perdananya pada pekan depan di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Tanjungpinang, Provinsi Kepri.

Sidang perdana tersebut akan dilakukan setelah berkas dari Kejaksaan Negeri Karimun dinilai sudah hampir lengkap, dan telah telah dilakukan pelimpahan berkas ke Pengadilan Tipidkor Tanjungpinang.

“Berkas hampir rampung, kemungkinan yang bersangkutan akan menjalani sidang minggu depan. Saat ini tersangka masih berada di Rutan Karimun,” kata Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Karimun, Andriansyah, Selasa (11/6) siang.

Sukiran diketahui melakukan dugaan tindak pidana korupsi, dengan menyalahgunakan penggunaan dana desa dan telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejari Karimun pada 2 Mei 2019 lalu.

Dalam proses pemeriksaan Sukiran diketahui meminjam uang kepada bendahara desa dan tidak pernah mengembalikan uang tersebut. Dari perbuatannya itu telah menimbulkan kerugian negara sebesar Rp252 Juta.

Ia menyebutkan, sejauh ini pihaknya telah memeriksa beberapa orang saksi dari Perangkat Desa, Dinas Terkait dan Saksi Ahli dari BPKP untuk melengkapi berkas- berkas penyidikan.

“Sudah 15 orang saksi kita panggil untuk diambil keterangan. Itu ada dari perangkat desa, dinas terkait dan satu orang dari Saksi Ahli BPKP,” katanya.

Sementara untuk barang bukti yang telah disita penyidik diantaranya berkas-berkas yang berkaitan dengan kasus itu, diantaranya, dokumen-dokumen dan rekening koran desa.

“Kita sudah sita dokumen terkait pengeluaran uang desa dan rekening koran desa. File- file bersangkutan dari tahun 2016-2018,” katanya.

Terkait kerugian negara, rencananya pihak keluarga akan mengembalikan kerugian yang telah ditimbulkan dengan batas waktu sebelum penuntutan dibacakan.

Penulis: Sari
Editor: Roni



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *