oleh

Kampung KB Gadis Dompak Jadi Perhatian Nasional

Tanjungpinang, KepriDays.co.id– Kampung KB Gadis yang berada di Kampung Lama Dompak, menerima kunjungan dari 34 Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) seluruh provinsi di Indonesia, Sabtu (22/6) pagi.

Walikota Tanjungpinang, H Syahrul mengucapan selamat datang kepada segenap rombongan perwakilan BKKBN 34 Provinsi se-Indonesia yang telah berkenan mengunjungi kampung KB Gadis Kelurahan Dompak dalam rangka meninjau langsung serta melakukan kegiatan Focuss grup Discussion (FGD) di kampung KB Gadis.

Syahrul juga menguraikan Kampung KB ini merupakan salah satu dari 5 (lima), yang dimiliki Kota Tanjungpinang di antaranya di Kelurahan Kampung Bulang, Kelurahan Tanjungpinang Barat, Kelurahan Kampung Bugis, dan Kelurahan Tanjung Unggat.

“Kami ucapkan terimakasih atas kunjungan di Kampung KB Gadis ini dan kami juga mengapresiasi terhadap kemajuan yang sudah dicapai di Kampung KB Gadis, tentunya semua ini tidak lepas dari kerja keras para Pokja dengan bimbingan Lurah, Camat dan OPD terkait,” ungkap Syahrul.

Sestama BKKBN Pusat, H. Nofrijal mengucapakan terimakasih atas sambutan dan dukungan atas kunjungan BKKBN beserta 60 rombongan se-Indonesia yang turun langsung ke Tanjungpinang.

“Adapun kami hadir di sini disamping acara pertemuan dan juga untuk melihat secara langsung keadaan, situasi, dan perkembangan kampung KB Gadis di Kelurahan Dompak di Kota Tanjungpinang ini,” ungkapnya.

Nofrijal mengatakan, Kampung KB adalah gagasan/ide dari Presiden RI yang diresmikan pada 14 Januari 2016, hingga saat ini sudah mecapai 14 ribu lebih Kampung KB di Indonesia.

“Kampung KB tidak bisa berdiri sendiri tanpa ada dukungan tokoh-tokoh masyarakat, pemerintah daerah dan kementerian atau dinas terkait,” kata Nofrijal.

Sedangkan Sekretaris Lurah Dompak, Sudin menyampaikan Kampung KB Gadis sejak terbentuk 2 tahun lalu telah mencapai sejumlah perkembangan di antaranya, meningkatkan peserta KB masyarakat dari 64,49% menjadi 76,68%, menurunkan unmetneed dari 17 PUS menjadi 13 PUS, 100% PUS di bawah 20 tahun sudah menggunakan MKJP.

Selanjutnya terbentuk PIK remaja jalur masyarakat dan posyandu remaja, meningkatkan aktivitas UPPKS Tiara indah, terbentuknya kelompok tani, pemberian nomor rumah dengan nama alat kontrasepsi, perbaikan jalan, bedah rumah sebanyak 26 unit, pembangunan pos Bhabinkamtibmas, pemasangan lampu jalan 30 titik, penanaman pohon, pengurusan AKTA 67 anak, pengembangan potensi wisata kuliner, dan pengenalan rumah Data-ku.

Sementara kunjungan itu juga diselingi oleh hiburan Dangkong Mak Dare yang menjadi ciri khas Kelurahan Dompak yang memukau para tamu undangan untuk bersama-sama berjoget. Serta pengenalan hasil aktifitas UPPKS Tiara indah, seperti, kue-kue tradisional dan kreativitas hasil kerajinan tangan lainnya. (*)

Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *