Categories: HEADLINE TANJUNGPINANG

Hindari Pungli, Rahma Setuju Pengadaan Meja di Pemko Tanjungpinang Tanpa Laci

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Dalam rangka menghindari Pungutan Liar (Pungli) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang, pengadaan meubeler khususnya meja, diwacanakan tidak ada lacinya. Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Tanjungpinang, Rahma.

Rahma mengatakan, hal itu sesuai dengan masukan saat dia menghadiri acara kunjungan kerja dan sosialisasi unit pemberantasan Pungli Provinsi Kepri pada sektor pelayanan publik Kota Tanjungpinang, Selasa (15/10/19) di Aula Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Tanjungpinang.

“Alangkah lebih baik lagi, untuk yang akan datang pengadaan meja khusuanya di lingkungan Pemko Tanjungpinang tidak ada lagi lacinya. Muda-mudahan ini menjadi pertimbangan,” ujar Rahma.

Menurutnya, kalau ada lacinya tentu ada potensi menyembuyikan sesuatu. Sedangkan kalau misalnya tidak ada laci, tentunya kesempatan untuk Pungli itu lebih sempit ruangnya. Oleh karena itu dia setuju bila pengadaan meja tanpa laci.

“Kalau misalnya ada laci dan ada pemberian sesuatu bisa langsung disimpan dengan seketika itu, Tapi kalau gak ada laci tentunya peluangnya akan lebih sempit,” ungkapnya.

Selain itu, kata Rahma, muda-mudahan juga, kursinya nanti tidak ada yang menutupi, artinya plong. Disisi lain juga pembiayaannya lebih murah.

“Tapi saya yakin segala sesuatu itu terpulang daripada kesadaran kita masing-masing. Intinya segala sesuatu itu kita tau bahwa itu tidak boleh dan yakin itu pelanggaran. Nah, sekarang sejauh mana kita menolak dengan kata tidak,” katanya.

Dalam hal ini, pemerintah tetap menegaskan kepada pegawai dan penyelanggara negara supaya tidak melakukan Pungli. Setidaknya dengan adanya sosialisasi seperti itu, tentu akan menjadi suatu pencerahan.

Wartawan: Amri
Editor: Ikhwan