oleh

Operasi Zebra Seligi 2019 Mulai Hari Ini, Polres Tanjungpinang Turunkan 75 personil

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tanjungpinang menggelar Operasi Zebra Seligi 2019. Kegaiatan tersebut dimulai pada hari ini, Rabu 23 Oktober sampai 5 November mendatang.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tanjungpinang AKBP H. Muhammad Iqbal memgatakan, dalam Operasi Zebra Seligi ini pihaknya menurunkan 75 personil untuk Lalu Lintas (Lalin) dan bergabung dengan rekan-rekan TNI, Dishub serta stakeholder terkait.

“Kita akan bergabung bersama-sama dengan tujuang menciptakan keamanan, ketertiban, Keselamatan dan kelancaran Lalin,” ujar M. Iqbal didampingi Kasatlantas Polres Tanjungpinang AKP Krisna Ramadhani, Rabu (23/10/19) usai apel gelar pasukan Operasi Zebra Seligi 2019 di Mako Polres Tanjungpinang.

Menurutnya, Lalin merupakan cermin budaya untuk bangsa suatu daerah. Apabila daerah itu tertib dalam Lalin berarti masyarakatnya itu patuh hukum.

“Kalau misalnya masih banyak terlibat pelanggaran dalam berlalulintas berarti masyarakanya kurang patuh hukum,” katanya.

Sasaran utamanya Operasi Zebra Seligi kali ini intinya adalah untuk menciptakan Kamtibmas lantas, keamanan, keselamatan dan ketertiban Lalin, sehingga mengurangi pelanggaran Lalin, Kecelakaan Lalin.

“Kalaupun ada kecelakaan itu untuk mengurangi totalitas terhadap korban Lalin,” jelasnya.

Sementara, untuk sangsi Operasi Zebra Seligi ini disesuaikan dengan pelanggarannya itu sendiri.

“Kalau misalnya STNK-nya tapi SIM-nya ada, kita tilang SIM-nya untuk dijadikan Barang Bukti (BB). Intinya sesuai pelanggarannya lah,” katanya.

Ia berharap, masyarakat khususnya wilayah hukum Polres Tanjungpinang bisa memahami bahwa pelaksanaan Operasi Zebra Regili 2019 ini bertujuan untuk menurunkan pelanggaran Lalin dan menekan angka kecelakaan yang telah terjadi.

“Saya harapkan kepada seluruh masyarakat Tanjungpinang bisa mematuhi peraturan Lalin demi keselamatan dirinya sendiri dan juga keselmatan orang lain,” tutupnya.

Sebelumnya, AKP Krisna Ramadhani memgatakan, ada delapan sasaran yang diperintahkan oleh Dirlantas Polda Kepri pada Operasi Zebra Seligi tahun ini.

Adapun sasaran tersebut diantaranya, Kelengkapan administrasi pengemudi dan kendaraan seperti SIM dan STNK, Penggunaan helm SNI, Melawan arus, Penggunaan Safety Belt, Mengemudi dalam pengaruh alkohol dan obat obatan, Menggunakan HP pada saat mengemudi, Melampaui batas kecepatan dan Pengemudi dibawah umur.

Wartawan: Amri
Editor: Ikhwan


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *