oleh

39 Tim Berlaga di Tanjungpinang Internasional Dragon Boat Race 2019

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Tanjungpinang Internasional Dragon Boat Race (IDBR) 2019 resmi dibuka, Jumat (27/10/19), event tahunan Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang ini akan dilaksanakan pada 25 hingga 27 Oktober di Sungai Carang, Tanjungpinang.

Pembukaan ditandai dengan menabuh tambur secara bersama-sama dan pelepasan balon ke udara oleh Gubernur Kepri, Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang, FKPD, Ketua DPRD Kota Tanjungpinang dan tamu undangan lainnya.

Sebanyak 39 tim siap berlaga dari berbagai daerah baik dalam negeri dan mancanegara. Tim yang berlaga dari luar Kepri sebanyak 13 tim, dari luar negeri berjumlah 3 tim, dari Kepri sebanyak 8 tim serta tim dari tuan rumah Kota Tanjungpinang diikuti sebanyak 15 tim.

Walikota Tanjungpinang Syahrul mengatakan, kegiatan IDBR ini bukan sekedar ajang olahraga saja, akan tetapi untuk memperkenalkan destinasi wisata di Kota Tanjungpinang kepada tamu-tamu luar Kepri dan mancanegara.

“Semoga perlombaan ini bisa menarik wisatawan untuk mengunjungi objek wisata di kota Tanjungpinang, wisatawan Nusantara maupun mancanegara perlu mengenal lebih lanjut destinasi wisata di Kota Tanjungpinang,” harapnya.

Syahrul juga mengatakan, dipilihnya lokasi lomba di Sungai Carang ini karena pertimbangan arus air yang relatif normal, tidak terganggu gelombang kapal dan dibuat sedemikian rupa sehingga mengikuti standar internasional. Selain itu, Sungai Carang juga kental dengan nuansa kebudayaan Melayu.

“Pemindahan lokasi lomba sudah dimulai sejak 2014 lalu dengan berbagai pertimbangan yang sangat berpengaruh dengan kriteria yang cocok dengan kondisi Sungai Carang yang memiliki arus yang normal, tidak ada aktivitas pelayaran dan memenuhi standar internasional,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Plt. Gubernur Kepri, Isdianto mengapresiasi langkah dan komitmen Pemko Tanjungpinang dalam memajukan pariwisata.

“Saya apresiasi Pemko Tanjungpinang yang telah berkomitmen untuk memajukan pariwisata dan mendukung segala yang dibutuhkan demi menggenjot kunjungan wisatawan terutama dalam hal promosi,” ucapnya.

Isdianto juga mengatakan, pemerintah telah menyusun beberapa rencana besar terkait pengembangan pariwisata hkususnya di Provinsi Kepri. Salah satunya menyangkut promosi wisata Kepri ke luar negeri, penyelenggaraan berbagai event pariwisata dan event nasional, namun semua ini tentu sangat dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak dan elemen masyarakat Kepri.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk melahirkan atlet-atlet yang handal dan mampu membawa nama Kepri ke pentas nasional bahkan internasional,” harapnya.

Wartawan: Amri
Editor: Roni



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *