oleh

Desa Toapaya Selatan Tanam Kurma Tropis Perdana

Tanjungpinang, KepriDays.co.id– Pemerintah Desa Toapaya Selatan melakukan penanaman kurma tropis di areal depan Lantor Desa Toapaya Selatan, Minggu (27/10) kemarin. Penanaman kurma hasil kultur jaringan jenis Barhee dan KL 1 tersebut merupakan yang pertama kalinya di Bintan.

Hadir dalam kegiatan itu, Kadispar Bintan Wan Rudy Iskandar, Camat Toapaya Riang Anggraini, Ketua Komunitas Kurma Kepri Syarwito.

Kepala Desa Toapaya Selatan Suhenda mengatakan, penanaman kurma tropis tersebut adalah rangkaian dari kegiatan memperingati HUT Desa Toapaya Selatan ke-13.

“Ada tiga bibit yang kita tanam. Mudah-mudahan berhasil dan bamyak manfaatnya” kata Suhenda.

Sementara Kadispar Bintan, Wan Rudy Iskandar mengatakan, penenan kurma tropis tersebut bagus jika bisa dijadikan eko wisata sambil produksi pertanian.

“Bisa jadi destinasi desa wisata bentuk agro wisata. Ya mudah-mudahan bisa buat agro wisata, tapi perlu keluasan tanah lokasi yang luas,” kata Wan Rudi.

Sentara itu, Ketua komunitas Kurma Kepri, Syarwito didampingi Sekretarisnya Satrio MA mengakui kalau kurma jenis Barhee dan KL1 yang merupakan hasil kultur jaringan khusus daerah tropis ini adalah yang perdana ditanam di Bintan dan kebetulan disambut baik oleh Kades Toapaya.

“Semoga ini menjadi percontohan dan bisa diikuti desa-desa lainnnya,” kata Sarwito.

Tanpa disadari, lanjut Syarwito, ternyata isu kurma bibit unggul jenis Barhee dan KL 1 ini juga menjadi perhatian tenaga ahli dana desa dari PMD yang merupalan mitra DPMD Bintan, Dian Herawati.

“Kebetulan saya tinggal di Toapaya Selatan. Ini bagus, dan saya akan informasikan hal ini kepada desa lain yang miliki ekowisata, seperti desa Pengudang, Berakit, Kuala Sempang, dan Ekang Anculai,” kata Dian, disela-sela acara.

Wartawan: Munsyi Untung
Editor: Ikhwan


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *