Categories: TANJUNGPINANG

Jambore Anak Tanjungpinang Tingkatkan Kreativitas Generasi Emas

Tanjungpinang, Kepridays.co.id-Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Perlindungan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang melaksanakan kegiatan Jambore Anak. Kegiatan yang berjalan dengan meriah ini dipusatkan di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Minggu, (17/11).

Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul berharap melalui kegiatan jambore anak tersebut, anak-anak yang sudah bergabung dalam forum anak baik di tingkat kelurahan, kecamatan, kota, Provinsi maupun tingkat Nasional agar dapat menyampaikan aspirasi dalam mendukung pembangunan di Kota Tanjungpinang maupun pembangunan Nasional.

“Suara hati anak dalam suara hati generasi emas yang perlu kita dengar dan kita wujudkan demi kemajuan dan cita cita bangsa,” ujar Syahrul

Menurutnya, saat ini masih sering didengar maraknya bullying pada anak, termasuk di Kota Tanjungpinang. Hal tersebut dapat menimbulkan dampak kurang rasa percaya diri pada anak dan anak bisa mengalami depresi hingga bunuh diri. Kondisi ini tentunya sangat mengkhawatirkan.

“Untuk itu, diharapkan kita para orang tua agar lebih banyak meluangkan waktu untuk anak, dan melakukan kegiatan berkualitas bersama anak, agar anak merasa diperhatikan dan disayangi oleh kita sebagai orang tua,” harap Syahrul.

Dengan adanya kegiatan Jambore anak Kota Tanjungpinang ini, diharapkan juga dapat meningkatkan prestasi, motivasi dalam berekspresi, Sportivitas dan turut serta dalam menciptakan suasana kondusif diNegeri yang kita cintai ini.

“Dan yang paling utama adalah harus saling menjaga kemompakan dan saling menjaga tali silaturahmi,” tutup Syahrul.

Kabid Perlindungan Anak, Elvi Arianti, S.Pt, M.Si mengatakan bahwa Jambore Anak Kota Tanjungpinang tahun 2019 ini melibatkan Forum Anak tingkat Kota Tanjungpinang, Forum Anak tingkat Kelurahan, serta anak jalanan, anak penyandang disabilitas dan anak membutuhkan perlindungan khusus dibawah binaan Dinas Sosial.

“Diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas anak, agar anak bisa mengembangkan diri sesuai minat, bakat dan potensi yang dimiliki,” Ujar Elvi

Kegiatan ini mengambil tema “Kita Sahabat Tanpa Bullying”, yang menandakan sebagai gambaran anak bebas berekspresi tanpa dibully, karena bullying masih sering terjadi, bukan hanya dikalangan anak-anak dan remaja saja, akan tetapi sampai kepada orang dewasa. Bullying merupakan salah satu bentuk penindasan dan kekerasan yang perlu dihentikan.

“Bagi yang kuat bullying, bisa menjadikannya pribadi yang hebat dan mampu menunjukkan jati diri, namun bagi yang lemah, bisa membuat korban hilang rasa percaya diri, depresi bahkan bunuh diri,” ungkap Elvi.

Dalam Jambore Anak kali ini melaksanakan berbagai perlombaan. Adapun jenis-jenis lomba yang dilaksanakan adalah defile, menganyam, fotografi, menari pelopor dan pelapor, Lomba permainan tradisional seperti Yeye, Bakiak, Estafet lompat karung dan ban, Mencari harta karun dan Puzzle.

Acara juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Juwariyah Syahrul, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Teguh Ahmad Syafari, M. Si, Ketua LAM Kota Tanjungpinang, Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Kepala DP3PPKB Provinsi Kepri, Kepala OPD Kota Tanjungpinang, Camat dan Lurah se-Kota Tanjungpinang. (*)

Editor: Ikhwan