oleh

Awal 2020, Bank Terapung BRI akan Beroperasi di Anambas

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Awal tahun 2020 Bank Terapung, Bank Rakyat Indonesia (BRI) akan beroperasi di Anambas, Provinsi Kepri. Sebelumnya, BRI telah memiliki tiga bank terapung. Masing-masing beroperasi di Kepulauan Seribu, Ternate dan Labuan Bajo.

Pimpinan BRI Cabang Tanjungpinang, Raden Pandu Bagja Suma Wijaya menargetkan awal tahun 2020 mendatang sudah mulai beroperasi.

“Bank Terapung yang di Anambas ini merupakan yang ke empat dan target sih beroperasi mungkin awal 2020. Kapalnya satu unit dan sudah jadi, saat ini masih mengurus ijin untuk berangkat ke Anambas,” ujar Pandu, Jumat (6/12/2019) malam di Hotel CK Tanjungpinang.

Saat ini, kata dia, pihaknya masih menunggu gelombang laut bagus. Nantinya, Bank Terapung itu akan singgah atau merapat dan beroperasi di dermaga atau pelabuhan disetiap pulau-pulau yang ada di Anambas tersebut. Satu hari di Dermaga ini, satu hari di Dermaga lainnya dan begitu seterusnya. Ada enam pelabuhan dari 12 target titik. Yang pasti itu di Pelabuhan Tarempa, Bayat, Keramut, Letung.

“Satu lagi saya lupa namanya. Yang jelas Bank Terapung ini hanya beroperasi atau keliling di Anambas saja” tambahnya.

Dia menjelaskan bahwa Bank Terapung ini merupakan kapal yang di desain khusus untuk bank dengan panjang sekitar 30 meter yang di dalamnya lengkap semua baik Teller, mesin ATM dan lainnya. Sedangkan untuk pembangunannya menghabiskan anggaran sekitar Rp21 miliar.

“Jadi benar-benar kapal tapi isi atau dalamnya bank lengkap seperti bank biasa, bedanya cuma dia ada ditengah laut,” tegasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa bank terapunh diadakan bertujuan untuk memudahkan masyarakat di sekitar Anambas untuk mendapatkan akses keuangan yang memadai, sehingga mampu mendorong perekonomian serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Fungsinya untuk melayani daerah-daerah yang belum terjangkau dan ini merupakan salah satu tanggungjawab sosial kita karena kalau bicara bisnis gak masuk tapi ini salah satu bentuk pelayanan kita kepada masyarakat Indonesia khususnya yang belum ada bank dan mungkin tak ada bank sama sekali,” jelasnya.

Sementara, untuk Sumber Daya Manusia (SDM) pihaknya telah menyiapkan sebangak 14 orang untuk nanti ditempatkan di Bank Terapung tersebut.

“14 orang itu sudah kita didik selama satu bulan di Jakarta. Kalau secara pendidikan perbankan mereka sudah tau tapi yang di didik di Jakarta itu pendidikan dasar untuk di kapal karena nanti mereka akan hidup selama satu minggu di kapal dan mereka nanti akan diganti seminggu sekali,” uacpanya lagi.

Ia menbahkan, pada Hari Ulang Tahun (HUT) BRI ke 124 ini BRI Cabang Tanjungpinang mendapat kehormatan dari pusat khususnya di Anambas diluncurkan Bank Terapung untuk melayani perbatasan disana. HUT ini jatuh pada tanggal 16 Desember.

Adapun wilayah kerja BRI Cabang Tanjungpinang meliputi pulau Lingga, Anambas, Natuna dan Bintan. Sedangkan Batam dan Tanjung Balai Karimun cabang sendiri.

“Yang bukan area wilayah kerja saya hanya Batam dan Tanjung Balai Karimun karena disana ada cabang sendiri. Tapi kita (BRI) secara keseluruhan sama,” tutupnya.

Wartawan: Amri
Editor: Ikhwan


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *