Categories: TANJUNGPINANG

Antisipasi Penanggulangan Bencana, Polres Tanjungpinang Apel Gelar Pasukan

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Untuk mengantisipasi penanggulangan bencana alam, Kepolisian Resor (Polres) Tanjungpinang melaksanakan apel gelar pasukan, Rabu (11/12/2019) di lapangan Mako Polres Tanjungpinang.

Kapolres Tanjungpinang AKBP M. Iqbal menjelaskan, apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil dan perlengkapan serta menghimpun kekuatan TNI-Polri, BNPB, Basarnas dan instansi lainnya turut serta berparsitipasi dalam upaya penangulangan.

Menurutnya, wilayah Tanjungpinang meruapkan daerah rawan bencana seperti banjir, tahan longsor, laka laut dan lain sebagainya. Maka dari itu, sangat diperlukan adanya koordinasi dan kerjasama yang baik disemua unsur yang berkaitan dengan penanggulangan bencana.

“Saya sangat berharap kepada seluruh stake holder terkait agar terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan penanggulangan bencana di semua lini khususnya di Tanjungpinang,” ujar Iqbal.

Pada bulan Desember ini, kata Iqbal, tentunya ada perubahan cuaca seperti hujan dan juga ada dibeberapa tempat sudah terjadi banjir, tanah longsor dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pihaknya bersama Pemko Tanjungpinang serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan para satuan kamandan TNI saling bersinergi dalam mengantisipasi apabila terjadi bencana alam.

“Disini kita bersinergi, berkoordinasi apabila nanti ada bencana kita sama-sama akan turun kelapangan untuk menanggulangi bencana alam Tanjungpinang ini. Tapi muda-mudahan gak ada ya,” harapnya.

Ia mengkui, menang ada beberapa titik yang sudah diinventarisir terutama titik genangan air yang ada di Tanjungpinang. Selain memberikan titik himbauan pihaknya juga memonitoring terus kalau misalnya ada genangan air yang mengganggu ketertiban lalu lintas.

“Titik-titik daerah rawan (merah) yang ada di kelautan sudah kita lakukan inventalisir juga,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Wakil Walikota Tanjungpinang, Rahma menagatakan bahwa tentunya jauh lebih baik diantisipasi sebelum terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan akibat bencana alam.

“Muda-mudahan dengan keseriusan semua unsur hari ini tentu jauh lebih baik,” harapnya.

Dia juga mengajak dan menghimbau terutama kepada tranportasi laut yang ada di Tanjungpinang untuk selalu mempersiapkan alat-alat keselamatan saat berlayar seperti pelampung dan lainnya.

“Hari ini dengan kondisi cuaca ekstrim periksalah kelengkapan kapal khususnya untuk keselamatan penumpang dan jangan lupa muatan jangan melebihi kapasitas kapal,” tegasnya.

Wartawan: Amri
Editor: Ikhwan