oleh

Tampung Aspirasi, Weni dan Lis Reses Bersama

Tanjungpinang, KepriDays.co.id– Ketua DPRD Kota Tanjungpinang Yuniarti Pustoko Weni melakukan reses bersama anggota DPRD Kepri Lis Darmansyah SH yang juga suaminya di Kelurahan Melayu Kota Piring, dan Kelurahan Batu IX, Selasa, (17/12/2019). Hal tersebut dilakukan agar aspirasi masyarakat baik yang masuk ranah kota atau provinsi kedua-duanya dapat ditampung sekaligus.

Selain menampung dan memberikan lembaran catatan untuk dituliskan aspirasi masyarakat, Weni dan Lis memberikan edukasi kepada RT/RW dengan mengajak bekerja sama melakukan pendataan secara terperinci dan update.

“Dicatat semuanya, dilaporkan ke kelurahan, dan kalau ada perubahan, dilaporkan juga. Ini gunanya agar nantinya kedepan aspirasi dan kebutuhan masyarakat yang ditampung dari masyarakat bisa tepat sasaran,” kata Weni.

Selain itu, Weni mengatakan keluhan masyarakat yang sangat dominan terkait peneranganjalan akan dimasukkan dalam pokok-pokok fikiran DPRD.

Sementara Lis Darmansyah menambahkan, salah satu cara mengurangi tingkat kemiskinan adalah dengan pemberdayaan yang tepat rencana, tepat guna dan tepat sasaran.

“Jadi jangan sampai orang butuh jaring dikasi mesin jahit atau sebaliknya. Kalau bukan nelayan kemudian dibantu jaring, hasilnya jaringnya dijual, dan ini yang tidak tepat sasaran,” kata Lis.

Lis mengajak masyarakat melalui RT/RW harus bekerja sama dengan baik agar pendataan itu dimulai dilakukan dengan pendataan yang update. Sehingga kita dapat mengukur kedepan butuh tambahan sekolah lagi atau tidak, dan sebagainya. Pendataan itu lanjut Lis, untuk mengklasifikasikan dengan pendapatan dan tingkat kesejahtraan. Data itu juga harus disinkronisasikan dengan data kependudukan.

“Yang paling penting bahwa dewan sendiri harus faham fungsinya yaitu budgeting, bahwa hasil reses ini, kalau saya akan bikin surat kepada Gubernur, Bappeda dan OPD terkait. Bukan dikasi duit, tapi kita dikasi plapon angota dewan bisa menyerap aspirasi hasil reses sejumlah sekian,” pungkasnya.

Wartawan: Munsyi Untung
Editor: Ikhwan


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *