oleh

Dulu Reot, Kini Rumah Tahir Lebih Bagus

Karimun, Kepridays.co.id-Wajah sumringah Muhammad Tahir (76) warga Gg Tambi, Kelurahan Tanjungbalai Kecamatan Karimun terlihat saat menerima kunci rumah dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karimun.

Rumah milik pria paruh baya tersebut sebelumnya sudah tampak reot sebelum itu sekarang sudah lebih bagus berkat revonasi yang dilakukan oleh Baznas Karimun yang bekejasama dengan staff kelurahan Tanjungbalai dan TNI-Polri.

“Alhamdulillah rumah saya sekarang jauh lebih bagus, memang rumah yang saya tempati ini sudah puluhan tahun ini saja, karena memang rumah ini rumah peninggalan orang tua saya,” katanya kepada wartawan.

Sementara itu, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karimun, Nasrial mengatakan perenovasian tersebut diberikan kepada warga yang kurang mampu. Bantuan tersebut diberikan melalui Program baznas Peduli masyarakat.

“Sudah ada 4 rumah yang kita rehab yakni di kelurahan Baran, Payamanggis, Pongkar, dan Bukit Senang. Ini adalah hak fakir dan miskin 2,5 persen yang bersumber dari dana para amil zakat,” ujarnya usai penyerahan bantuan rehab rumah, Sabtu (11/1).

Dia mengatakan, maksimal anggaran disalurkan untuk setiap rumah yang dilakukan renovasi yakni mencapai Rp35 juta.

“Ini kita anggarkan antara 20 hingga 35 juta. Ini di rombak total. Untuk tahun 2019 kita target 6 rumah, tapi yang dapat ada 4 rumah saja,” katanya.

Meski begitu, kata Nasrial, penyaluran bantuan renovasi rumah akan diberikan jika telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan seperti pengajuan, bukti status tanah yang sah dan peninjauan kondisi rumah.

Untuk tahun 2020, Baznas Kabupaten Karimun akan menargetkan sebanyak 4 rumah yang akan direnovasi.

Wartawan: Sari
Editor: Ikhwan


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *