oleh

Kekeringan Mulai Melanda Karimun

Karimun, Kepridays.co.id-Saat ini kekeringan yang melanda Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau. Kekeringan itu diakibatkan karena berkurangnya intensitas curah hujan.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karimun, Raden Eko Sarjono menyebutkan bahwa kondisi kekeringan tersebut bukanlah dikarenakan oleh musim kemarau, karena untuk di wilayah Kepulauan Riau sendiri selalu terjadi hujan di sepanjang tahunnya.

“Intensitas curah hujan berkurang, karena untuk bulan ini masa hujan hanya terkonsentrasi di belahan dunia bagian Selatan saja. Jadi untuk di Karimun ada hujan, tapi intensitasnya kecil seperti hanya membasahi bumi saja dan artinya saat ini tidaklah kemarau,” ungkap Eko.

Untuk kondisi kecilnya Intensitas curah hujan ini, diprediksikan akan berakhir pada bulan Februari.

Namun meskipun begitu, Eko menyebutkan bahwa saat ini sudah terjadi belokan-belokan angin yang menyebabkan terbentuknya awan-awan konvektif yang nantinya akan menyebabkan hujan.

Jadi dengan terjadinya kekeringan akibat intensitas curah hujan yang rendah, Eko meminta agar masyarakat dapat menyikapi kondisi yang saat ini terjadi.

“Jadi dengan banyaknya tumbuhan yang kekeringan dapat menyebabkan kebakaran lahan, jadi untuk masyarakat diimbau untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan untu tidak terlalu menghambur-hamburkan air,” katanya.

Wartawan: Sari
Editor: Ikhwan


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *