oleh

Stok Blangko KTP-El di Karimun Menipis

Karimun, Kepridays.co.id-Saat ini ketersediaan blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) hanya sebanyak 2.500 blanko saja. Dengan jumlah tersebut, pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karimun, akan memprioritaskan pencetakan KTP bagi masyarakat yang sama sekali belum memiliki KTP Elektronik tersebut.

“Kan ada yang memang belum punya KTP Elektronik sama sekali, jadi itu yang kita dahulukan dulu. Kalau yang sudah pernah punya, diharapkan untuk mengantri,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Karimun, Muhammad Tahar, Kamis (27/2).

Meskipun lebih memprioritaskan pengguna pencetakan KTP Elektronik baru, akan tetapi pihak Disdukcapil Karimun juga melakukan percetakan bagi masyarakat yang sudah memiliki KTP Elektronik.

“Kita juga cetak untuk yang lama, tapi kuotanya gak banyak, hanya 50 orang perharinya, karena kita terkendala di mesin percetakannya,” jelasnya.

Ia mengimbau, untuk sementara ini kepada pemohon yang hanya ingin menganti alamat, hilang atau rusak, Disdukcapil akan memberikan surat keterangan (Suket) yang fungsinya sama seperti KTP.

“Ada sekitar 12.000 kita berikan Suket. Diantaranya itu mereka sudah memiliki KTP, namun ganti alamat, ganti status dan juga hilang,” katanya.

Ia berharap masyarakat dapat mengerti kendala- kendala yang di hadapi Disdukcapil. Ia berharap, proses pencetakan tersebut dapat segera diselesaikan sehingga secara keseluruhan proses pembuatan KTP dapat berjalan dengan lancar.

“Kita minta pengertiannya. Kita juga terus berupaya memberikan pelayanan terbaik,” katanya.


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *