oleh

Jam Besuk Rutan Tanjungpinang Ditiadakan, Tahanan Boleh Video Call Keluarga

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) jam besuk di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Tanjungpinang ditiadakan hingga 31 Maret 2020 mendatang.

Kepala Rutan Kelas 1 Tanjungpinang Sugeng Hardono melalui Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Muhammad Setia Hadi menyampaikan bahwa ini merupakan menindaklanjuti intruksi pimpinan yang telah mengeluarkan surat edaran tentang bahaya Virus Corona.

Oleh karena itu, pihaknya memberikan fasilitas bagi warga binaan untuk video call (vc) dengan keluarganya.

“Bagaimana kita hadir memberikan solusi pada saat situasi tertentu, terus kunjungan kita secara fisik distop terus kita hadir memberikan solusi dan ini sifatnya hanya sementara dan tidak selamanya. Ini kita buat untuk kita semua, bukan bermaksud kita menjadi pelanggaran HAM, tidak,” ujar M. Setia Hadi, Rabu (18/3/2020) di Rutan Tanjungpinang.

Dia juga mengatakan, untuk video call ini akan mulai pada pukul 09.00-15.00 WIB dan istirahat pada saat sholat zuhur lalu dilanjutkan pukul 13.30 WIB.

“Mereka (warga binaan) akan dikasih waktu selama 10 menit. Ini kita buat supaya berkesempatan semua dapat dan bisa berkomunikasi dengan keluarganya,” jelasnya.

Menurutnya dengan adanya solusi ini teman-teman yang menjadi warga binaan di Rutan ini dan rumahnya jauh bisa langsung dikirim kabar bahwa disini sehat-sehat atau baik-baik saja.

“Kalau yang keluarganya masih berdomisili di Tanjungpinang kemarin kan masih bisa ketemu. khususnya yang jauh dari Tanjungpinang misalnya Batam atau Tanjung Uban yang membutuhkan waktu diperjalanan mereka sudah bisa berkirim kabar,” ucapnya.

Kebijakan ini, kata dia, sudah dilaporkan ke pimpinan dan pimpinan menyambut dengan baik.

“Kebijakan ini, sudah kita laporkan ke pimpinan bahwa ini solusi yang kita tawarkan dan beliau sangat menyambut baik dengan solusi yang kita berikan ini,” tambahnya.

Di tempat yang sama, salah satu Warga binaan Rutan Kelas 1 Tanjungpinang, M Yasir mengatakan, kebijakan yang dibuat untuk silaturahmi keluarga ataupun yang ingin membesuk ke Rutan diganti dengan video call luar biasa.

“Ini sebuah kebijakan yang luar biasa dan ini merupakan pertama kali di Tanjungpinang,” ungkapnya.

Menurutnya, koneksi jaringannya bagus, lancar dan suaranya juga jelas. “Alhamdulillah bagus fasilitasnya,” tutupnya.

Wartawan: Amri
Editor: Roni



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *