oleh

Ribuan TKI dari Malaysia akan Dipulangkan ke Indonesia Lewat Batam dan Karimun

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Karena ada hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia, maka Provinsi Kepri akan menampung ribuan TKI yang akan dipulangkan dari Malaysia ke Indonesia setiap harinya.

Walaupun di masa pandemi virus Covid-19 atau Corona ini, Provinsi Kepri siap menampung TKI dari Malaysia tersebut melalui dua pintu, yakni, Batam dan Karimun.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri TS. Arif Fadillah, ribuan TKI dari Malaysia ini tentunya akan di Karantina setiba di Batam dan Karimun.

Bahkan, Arif juga meminta kepada Kementrian Perhubungan (Kemenhub) untuk tidak menggabungkan kapal TKI dan masyarakat umum.

“Kami sudah minta ke Kemenhub agar kapalnya dibedakan untuk TKI ini. Kepri juga hanya bisa menampung 1.000 TKI di Karimun untuk karantina dan Batam juga beberapa,” kata Arif, Ahad (29/3/2020) siang di Kantor Gubernur Kepri Dompak Tanjungpinang.

Arif menambahkan, Kepri juga sudah membicarakan soal penampungan TKI ini ke Pemerintah Riau dan Riau menyanggupi untuk menampung juga para TKI ini di Dumai.

“Nanti ada juga dipindahkan ke Dumai, memang sudah mau dibuka untuk pemulangan TKI dari Malaysia. Untuk prosedur danbtahapan pemulangan sama dan karantina,” kata Arif.

Sementara sebelumnya di tengah wabah pandemi virus Corona ini, Malaysia pernah memulangkan 120 TKI Bermasalah ke Indonesia melalui Batam ke Tanjungpinang.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kepri, Dolly Boniora mengatakan, untuk kondisi 120 TKI yang pernah dipulang Malaysia itu, semua dalam keadaan sehat saat ini di Rumah Penampungan Trauma Center (RPTC) Senggrang Kota Tanjungpinang.

“Mereka selama karantina 14 hari sebelum dipulangkan ke daerahnya masing-masing, setiap hari dilakukan senam sehat, cek kesehatan dan tidak ada nampak gejala corona,” terang Dolly.

Penulis: Roni
Editor: Ikhwan


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *