oleh

Situasi Pandemi Covid-19, Personil Polres Tanjungpinang Kembangkan Jamur Tiram Rumahan

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Situasi pendemi virus Corona atau Covid-19 saat ini, personil Kepolisian Resor (Polres) Tanjungpinang berhasil mengembangkan budidaya jamur tiram rumahan (home cultivation) dilokasi pekarangan rumahnya seluas 15 meter x 5 meter persegi di jalan RH. Fisabilillah, Kilometer 8 Tanjungpinang, Provinsi Kepri.

Dia adalah Aipda Razmudi yang bertugas sebagai Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Kelurahan Tanjung Unggat. Razmudi telah memiliki sedikitnya 45 bag log pertumbuhan jamur tiram mulai dari pembenihan hingga siap panen.

Razmudi mengatakan, ide dan keinginan mengembangkan budidaya jamur tiram ini bermula saat dirinya rutin melaksanakan sambang dengan warga masyarakat binaannya di Kelurahan Tanjung Unggat.

Sekitar bulan April tahun 2020 saat dirinya mengunjungi salah seorang warga binaannya atas nama bapak Arnal dan melihat di rumahnya banyak terdapat jamur tiram. Dia pun tergerak untuk mempraktekkan sendiri budidaya jamur tiram ini di kediamannya.

“Berbekal pengetahuan dan bimbingan yang diberikan bapak Arnal, akhirnya dirinya berhasil mengembangkan jamur tiram secara mandiri,” ujar Razmudi dalam rilis Polres Tanjungpinang yang diterima Kepridays.co.id, Senin (8/6/2020).

Ketertarikannya akan jamur tiram ini karena melihat perawatan dan pemeliharaannya tergolong mudah dilakukan walaupun kelihatannya sulit karena belum memahaminya.

“Saya tergerak mengembangkan jamur tiram karena mengingat situasi pandemi Covid-19 saat ini menuntut kita untuk berinovasi dan mandiri demi menguatkan ketahanan pangan dan stabilitas ekonomi,” katanya.

Menurutnya, selain Jamur Tiram sangat baik dikonsumsi serta memiliki nilai jual yang laris di pasaran, kegiatan ini juga memiliki nilai positif dan bermanfaat dalam mengisi waktu luang.

Hingga saat ini, sedikitnya dia telah melakukan 5 kali panen Jamur Tiram namun, hanya sebatas untuk konsumsi keluarga.

“Kedepan saya bertekad untuk lebih mengembangkan budidaya Jamur Tiram ini sehingga dapat bermanfaat tidak hanya untuk keluarga namun juga masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal mengapresiasi dan mendukung kegiatan positif yang dilakukan oleh personilnya.

Mengisi waktu senggang dengan kegiatan bermanfaat di sela-sela rutinitas pekerjaan khususnya dalam meningkatkan ketahanan pangan merupakan suatu bentuk inovasi dan kreativitas yang patut dicontoh dan diaplikasikan serta terus dikembangkan sehingga manfaatnya dapat menyentuh sampai ke masyarakat.

Wartawan: Amri
Editor: Ikhwan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.