oleh

Mau Gunakan Ambulans Laut Baznas Karimun, Begini Caranya

Karimun, KepriDays.co.id-Ambulans laut yang dikelola oleh Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Karimun khusus diperuntukan bagi masyarakat kurang mampu. Untuk mendapatkan pelayanan dari ambulans laut yang berasal dari bantuan Unit Baznas PT Timah Tbk itu, sejumlah persyaratan harus dilengkapi.

Disampaikan oleh Ketua Baznas Kabupaten Karimun, Nasrial sejumlah persyaratan harus dipenuhi pasien. Diantaranya adalah memiliki surat rujukan berobat dari Puskesmas setempat dan memiliki Surat Keterangan Miskin (SKM) dari kelurahan atau desa.

“Bahwasanya ambulan laut ini diperuntukan gratis khusus untuk orang-orang miskin bukan orang kaya. Karena zakat ini memang diperuntukan terutama bagi orang miskin. Syaratnya ada surat rujukan berobat dari Puskesmas, ada bukti dia warga tidak mampu dari kelurahan/desa atau surat miskin,” terang Nasrial usai menerima bantuan kapal ambulans laut itu.

Nasrial mengakui, pihaknya tidak akan sangup apabila melayani seluruh pasien. Pasalnya biaya operasional ambulans laut sangat besar, yakni sekitar Rp 1,3 miliar pertahun. Untuk saat ini dana operasional yang tersedia baru Rp 300 juta dari PT Timah dan Rp 150 juta dari Baznas Kabupaten Karimun.

Namun Nasrial tidak menampik ambulans laut dipergunakan bagi orang yang mampu. Akan tetapi tidak digratiskan atau dikenai biaya.

“Kalau untuk orang kaya juga bisa tapi harus ada perhitungannya. Kita akan buatkan SoP-nya,” jelas Nasrial.

Ambulans laut tersebut nantinya akan diperuntukan bagi masyarakat miskin asal Kabupaten yang sangat memerlukan transportasi. Kapal itu akan bersandar di Pelabuhan Sekumbang Perayun Pulau Kundur dan Pelabuhan Sri Tanjunggelam atau KPK di Tanjungbalai Karimun.

Sementara Bupati Karimun Aunur Rafiq juga menyarankan pengelolaan ambulans laut harus dijalankan dengan baik. Ia juga mengingatkan menerima bantuan merupakan hal yang menggembirkan. Tapi menjalankannya adalah sesuatu yang besar.

“Saran kami ambulan harus dijalankan dengan baik. Jangan sampai masyarakat berpikir semua pasien bisa mendapatkan layanan. Tapi hanya pasien yang mendapatkan rujukan dan tentunya bagi orang yang tidak mampu,” pesan Rafiq.

Ditambahkan Rafiq, tidak semua pasien harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Muhammad Sani yanh berada di Kabupaten Karimun. Pasalnya sejumlah daerah, seperti Puskesmas Tanjung Batu, Moro dan Durai sudah ada rawat inal.

“Siapa yang mendapatkan layanan maka akan disusun oleh baznas kab. Temtunya ini untuk org tidak mampu. Bisa berkoordinasi dengan dinas skesehatan siapa yang layak,” papar Rafiq.

Wartawan: Sari
Editor: Ikhwan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.