oleh

Hewan Kurban Tidak Menularkan Covid-19, Masyarakat Tak Perlu Khawatir

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Momen Iduladha 1442 H semakin dekat. Hewan kurban sudah banyak didatangkan pengusaha dari luar daerah ke Tanjungpinang. Namun warga tak perlu khawatir akan kesehatan hewan tersebut.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Tanjungpinang, Raden Nur Cahyo Nugroho memastikan dan menjamin hewan-hewan kurban tersebut baik sapi, kambing dalam kondisi sehat. Itu dilkukn agar hewan betul-betul layak untuk dijadikan sebagai hewan kurban. Selain itu dia juga memastikan bahwa Covid-19 tidak menular lewat hewan.

“Covid-19 itu tidak ditularkan oleh hewan ternak kepada manusia, sehingga masyarakat untuk tidak khawatir, tidak takut secara berlebihan,” ujar Raden, Selasa (23/6/2020) sore saat ditemui di kantornya.

Walapun demikian, bagi masyarakat dalam menangani hewan kurban baik ketika hewan kurban itu akan dibeli, dikandangkan, diistirahatkan, kemudian disembelih, masuk pada proses pemotongan daging hewan kurbannya, mengemas atau membungkus dan kemudian mendistribusikan kepada masyarakat agar kiranya betul-betul menjaga kebersihan.

“Kenakan masker, rajin cuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun dan dipastikan ada tempat cuci tangan di tempat penyembelihan serta menjaga jarak dan jangan sampai berdempetan,” katanya.

Ini memang tidak mudah karena penerapan tata laksana hewan kurban dalam situasi Pandemi Covid-19 itu baru sekarang terjadi. Tahun-tahun sebelumnya belum pernah.

“Ini baru sekarang terjadi, kita semua baik pemerintah dan masyarakat belajar bagaimana hidup berdampingan dengan Covid-19,” ucapnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), Surau, dan Musholla Se Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan umumnya Provinsi Kepri agar betul-betul menerapkan protokol kesehatan pada saat pelaksanaan penyembelihan, pemotongan dan pembagian daging kurban.

Dia menambahkan, ada pesan dari Menteri Pertanian melalui Kepala Badan Pertanian untuk dilaksanakan oleh seluruh unit pelaksana teknis Karantina Pertanian agar seluruh bahan pokok baik yang sifatnya reguler maupun bahan pokok yang tentunya disuplai untuk keperluan Idhul Adha 1441 H 2020 dipastikan dan dijamin kelancarannya.

“Jadi, kami akan pastikan seluruh lalu lintas sapi, kambing, domba maupun ternak yang dijadikan hewan kurban untuk keperluan Idhul Adha 1441 H betul-betul lancar, sehat, aman, layak untuk dijadikan hewan kurban dan dikonsumsi oleh masyarakat,” tutupnya.

Wartawan: Amri
Editor: Ikhwan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.