oleh

Karena Sakit Hati, Mantan Karyawan Curi Ratusan Slop Rokok di Pinang Lestari

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Pelaku Pencurian dengan pemberatan (Curat) di Swalayan Pinang Lestari, Kilometer 9, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri ternyata mantan karyawannya. Pelaku inisial RS alias Rian (28) sebelumnya bekerja di swalayan tersebut.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal melalui Kapolsek Tanjungpinang Timur AKP Firuddin mengtakan sebelumnya pelaku ini mengalami kecelakaan dan sakit selama dua minggu. Saat kecelakaan itu, tersangka ini tidak memberitahuan ke pihak swalayan bahwa dirinya tidak bisa masuk kerja karena masih sakit. Oleh karena itu, tersanka diberhentikan oleh pihak manajer swalayan tersebut.

“Tersangka ini tidak ada pemberitahuan ke pihak swalayan makanya diberhentikan. Jadi, motifnya karena sakit hati,” ujar Firuddin, Rabu (24/6/2020) saat press rilis di Mapolsek Timur.

Dia menjelaskan, tersangka ini merupakan mantan security di Swalayan tersebut. Jadi mungkin tersangka sudah tau seluk beluk Swalayan tersebut.

Pelaku masuk dengan memanjat melalui lori yang terparkir disekitar Swalayan ke lantai dua dan di dekat lori itu ada tiang listrik dan memanjat lagi ke lantai tiga dan masuk melewati jendela disana.

Rokok yang dicuri ini dijual ke seorang pedagang perempuan yang tinggal di daerah batu 5 bawah, Tanjungpinang berinisial J (45) yang diduga sebagai penadahnya.

Tersangka menjual hasil curiannya sebanyak 120 slop rokok dengan harga Rp16 juta, sedangkan sisanya 11 slop lagi belum sempat dijual.

“Penadahnya dan barang bukti rokok yang dijual sudah kita amankan juga,” ucapnya.

Diketahui, jumlah total yang diduga dicuri pelaku sebanyak 131 slop dari berbagai merk. Jadi, akibat dari kejadian itu Swalayan Pinang Lestari mengalami kerugian sebesar kurang lebih Rp30 juta.

Sebelumnya, awalnya kejadian, diketahui ketika pelapor yang bernama Kasria yang menjabat sebagai Personalia pada swalayan tersebut melaksanakan kontrol gudang Pinang Lestari pada, Sabtu (20/06/2020) sekitar pukul 09.00 WIB.

Saat itu, pelapor mencurigai banyak rokok yang berkurang lalu dia melaporkan kepada manager Pinang Lestari Umar. Selanjutnya, dilakukan pengecekan ulang dan diketahui ternyata rokok banyak yang sudah hilang. Kemudia meloporkan kejadian itu ke Polsek Tanjungpinang Timur.

“Atas laporan itu, saya langsung perintahkan Kanit Reskrim dan Kanit Opsnal untuk mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan melakukan oleh TKP,” ucapnya.

Dari hasil olah TKP yang ada disana diperoleh keterangan melalui rekaman CCTV bahwa kejadian pencurian tersebut diduga dilakukan oleh tersangka Rian.

Lalu, dilakukan penyelidikan lebih lanjut dan diketahui keberadaan tersangka sedang di daerah madong darat, Kelurahan Sengarang, Kecamatan Tanjungpinang Kota.

Selanjutnya, dilakukan penangkapan terhadap pelaku dan mengamankan barang bukti berupa 1 unit hp oppo merah dan uang tunai Rp3 juta serta beberapa rokok hasil kejahatan, 1 helai sarung untuk selanjutnya di bawa ke Mapolsek setempat guna penyidikan lebih lanjut.

Penangkapan terhadap pelaku dilaksanakan kurang dari 24 jam sejak dilaporkan, berkat dari kerja keras seluruh team Opsnal Polsek Tanjungpinang Timur dan partisipasi dari masyarakat yang memberikan informasi terkait keberadaan pelaku.

“Kedepan, kita harapkan peran serta masyarakat untuk mendukung terciptanya situasi yang aman dan kondusif diwilayah hukum Polres Tanjungpinang pada umumnya,” harapnya.

Atas perbuatannya, pelaku disangkakan pasal 363 ayat 5 dengan ancaman hukuman 7 penjara.

Wartawan: Amri
Editor: Ikhwan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.