oleh

Bupati Canangkan Industri Tangguh Lawan Covid-19 di Karimun

Karimun, Kepridays.co.id-Bupati Karimun Aunur Rafiq mencanangkan Kawasan Industri Tangguh Covid-19 di PT Karimun Sembawang Shipyard. Dimasa pandemi covid-19 menuju new normal, Perusahaan industri yang berada dikawasan FTZ tetap beroperasi, tidak ada yang di PHK atau dirumahkan. Hanya saja ada yang tidak bekerja lantaran project yang dikerjakan sudah selesai. 

“Perusahaan yang dapat dikategorikan tangguh covid-19 yakni perusahaan yang dapat tetap beroperasi, menerapkan protokol kesehatan dengan ketat seperti pengukuran suhu tubuh, menggunakan masker, menyediakan tempat mencuci tangan,” kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan Karimun, Ruffindi.

Data ketenagakerjaan di kawasan industri per 3 Juli 2020. Total tenaga kerja dikabupaten karimun sebanyak 7508 orang, jumlah perusahaan di kawasan FTZ ada15 perusahaan, jumlah tenaga kerja di kawasan FTZ sebanyak 4835 orang, jumlah TKI sebanyak 4680 orang, jumlah TKA hanya 155 orang, dan persentase tenaga kerja Karimun yakni 83,2%.

Sementara itu, Operation Manager PT. Karimun Sembawang Shipyard, Trisno Susilo mengatakan bahwa perusahaan yang didirikan sejak tanggal 17 Maret 1997 oleh Presiden Suharto dan Perdana Menteri Singapura itu telah memperketat protokol kesehatan covid-18 demi kebaikan bersama.

“Disini kita terapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, kita juga pasang sirine break untuk keluar, karena jam 10 kita wajibkan pekerja atau karyawan yang bekerja di kantor untuk keluar berjemur selama 15 menit , dan Alhamdulillah hingga saat ini tidak ada karyawan kita yang terpapar covid-19,” jelas Sutrisno

Kemudian, Bupati Karimun Aunur Radiq mengatakan bahwa PT. Karimun Sembawang Shipyard bersama 15 perusahaan besar lainnya telah resmi menjadi kawasan industri tangguh covid-19.

“Komitmen yang kami harapkan akhirnya terealisasi untuk menjadikan dunia industri sebagai kawasan yang tangguh  yang mampu beradaptasi dan mampu bersama menuju fase new normal yang produktif,” ujar Rafiq.

Setelah itu, Bupati Karimun beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Karimun melanjutkan kunjungan ke PT Oil Tangking untuk melihat penerapan protokol kesehatan dalam mencegah Covid-19, serta perusahaan lainnya.

Wartawan: Sari
Editor: Ikhwan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *